Thursday, October 3, 2013

Download Skripsi Informatika Gratis(Analisis fluktuasi jumlah pemakaian tenaga listrik)

Download Skripsi Informatika Gratis(Analisis fluktuasi jumlah pemakaian tenaga listrik) 

Fluktuasi pemakaian tenaga listrik dari setiap rumah tangga perlu diketahui oleh PLN. Dari informasi tersebut dapat diketahui rumah tangga mana yang memiliki jumlah pemakaian tenaga listrik ( KwH ) yang paling banyak dan paling sedikit. Selain itu, dapat diketahui juga pemakaian tenaga listrik per bulan dari setiap rumah tangga, apakah meningkat atau berkurang. Untuk itu dapat digunakan pengukuran simpangan rata-rata dan simpangan standar. Dengan menggunakan simpangan rata-rata dan simpangan standar tersebut dapat diketahui fluktuasi jumlah pemakaian tenaga listrik per bulan dari setiap rumah tangga.

Penulisan ini menganalisa tentang fluktuasi jumlah pemakaian tenaga listrik per bulan ( KwH ) dari beberapa rumah tangga pada tahun 2005-2006. Penghitungan fluktuasi tersebut menggunakan simpangan rata-rata dan simpangan standar yang merupakan salah satu ukuran dalam ilmu statistik. Statistik itu adalah kumpulan dari cara- cara dan aturan-aturan mengenai pengumpulan data (keterangan mengenai sesuatu), penganalisaan dan interpretasi data yang berbentuk angka-angka, bilangan-bilangan yang menerangkan sifat (characteristic) dari sekumpulan data (pengamatan). Statistik dapat dibagi atas dua bagian menurut tingkat pekerjaan yang dapat dilakukan dengan cara-cara yang disediakan oleh setiap bagian itu. Kedua bagian dari ilmu statistik itu ialah statistik deskriptif dan statistik induktif.

Ukuran penyebaran (ukuran penyimpangan) dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu ukuran penyebaran mutlak (absolute dispersion) dan ukuran penyebaran relatif (relative dispersion).Pengukuran dispersi absolut hanya dapat digunakan bagi penggambaran dispersi nilai-nilai observasi sebuah distribusi secara definitif. Sedangkan pengukuran dispersi relatif digunakan bila kita ingin melakukan perbandingan tingkat dispersi antara 2 atau beberapa distribusi dan bila jumlah nilai-nilai observasi dari dua atau beberapa distribusi ialah tidak sama.

Range merupakan suatu bilangan hasil selisih antara nilai yang tertinggi dan nilai yang terendah di dalam sekumpulan data. Pemakaian range sebagai ukuran penyebaran tidak memasukkan ke dalam pertimbangan nilai-nilai yang lain di dalam sekumpulan data, selain dari kedua nilai ekstrimnya. Inilah kelemahan utama daripada pemakaian range itu sebagai ukuran penyebaran. Untuk melepaskan diri dari persoalan ini, kita dapat memakai ukuran yang lain, ukuran yang memperhatikan setiap nilai di dalam kumpulan data yang bersangkutan. Ukuran-ukuran yang demikian adalah simpangan rata-rata (average deviation atau mean deviation) dan simpangan standar (standard deviation).

Jelaslah bahwa untuk menerangkan sekumpulan data, yang telah tersusun di dalam sebuah pencaran frekuensi ataupun belum kita paling sedikit memerlukan keterangan mengenai harga rata-rata (yang biasanya harga rata-rata hitung) dan keterangan mengenai penyebaran data itu. Gabungan dari 2 macam keterangan ini pun sering tidak cukup memberi keterangan yang memberi gambaran yang jelas mengenai kumpulan data itu.


Password: FDLvsOry


Artikel Terkait

Download Skripsi Informatika Gratis(Analisis fluktuasi jumlah pemakaian tenaga listrik)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email