Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE POWERPOINT)

Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE POWERPOINT)

Judul Skripsi:

PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 1 PEDES MATA PELAJARAN TIK

Abstrak:

  Peneliti ini menjawab permasalahan penelitian, yaitu: Apakah penggunaan media presentasi PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?. Secara lebih rinci rumusan masalah terdiri dari (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media presentasi PowerPoint dengan pembelajaran konvensional dalam ranah kognitif aspek mengingat pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)? (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media presentasi PowerPoint dengan pembelajaran konvensional dalam ranah kognitif aspek memahami pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media presentasi PowerPoint dengan pembelajaran konvensional dalam ranah kognitif aspek menerapkan pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?. Penelitian ini menggunakan Metode Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequvalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), domain kognitif aspek mengingat, memahami, menerapkan, hasil belajar siswa yang menggunakan media presentasi PowerPoint dengan pembelajaran konvensional. Aspek mengingat yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam daya ingat, dengan memberikan suatu materi yang di kemas dengan media presentasi PowerPoint dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpan dan mengingat akan materi yang telah dijelaskan lebih lama dalam ingatannya. Aspek memahami dapat terlihat dari perilaku siswa, baik perilaku dalam bentuk pengetahuan, keterampilan berpikir maupun keterampilan motorik. Aspek menerapkan yang mempengaruhi siswa dalam memahami materi yang disampaikan, kemudian menerapkan apa yang telah diistruksikan atau perintah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media presentasi PowerPoint memberikan hasil belajar siswa yang lebih baik domain kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Media Software PowerPoint, Hasil Belajar.

Link Download:

[img]Text
S_KTP_0803173_COVER.pdf 

Download (377Kb) | Preview
    [img]Text
    S_KTP_0803173_ABSTRACT.pdf 

    Download (178Kb) | Preview
      [img]Text
      S_KTP_0803173_TABLE OF CONTENT.pdf 

      Download (185Kb) | Preview
        [img]Text
        S_KTP_0803173_CHAPTER1.pdf 

        Download (259Kb) | Preview
          [img]Text
          S_KTP_0803173_CHAPTER2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (520Kb)
            [img]Text
            S_KTP_0803173_CHAPTER3.pdf 

            Download (582Kb) | Preview
              [img]Text
              S_KTP_0803173_CHAPTER4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (636Kb)
                [img]Text
                S_KTP_0803173_CHAPTER5.pdf 

                Download (252Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_KTP_0803173_BIBLIOGRAPHY.pdf 

                  Download (178Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_KTP_0803173_APPENDIX.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (2599Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE POWERPOINT)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email