Tuesday, October 1, 2013

Skripsi Olahraga Gratis( Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli)

Skripsi Olahraga Gratis( Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa terhadap olahraga bola voli dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap olahraga bola voli di SMP N 1 Larangan kabupaten Brebes.

Metode yang digunakan yaitu metode survey dan data yang digunakan menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswaSMP N I Larangan kelas I. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas I SMP N I Larangan dengan jumlah 120 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Dalam instrumen tersebut terdapat tiga variabel yang diteliti yaitu: 1). Ketertarikan; 2). Perhatian;dan 3). Kebutuhan. Sebelum angket atau kuesioner disebarkan ke siswa angketatau kuesioner tersebut telah diuji cobakan terlebih dahulu ke siswa kelas Ikhususnya kelas Ia SMP N I Larangan. Tujuan utama dari uji coba tersebut yaituuntuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari angket tersebut. Dari ke-35 soalyang diuji cobakan 30 soal dinyatakan valid dan semua soal dinyatakan reliabel.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa minat siswa SMP N ILarangan terhadap olahraga bola voli sebagai berikut: 1). Minat atas dasarketertarikan dengan prosentase 81.49% (rasa senang 90.83%, keingintahuan78.49%); 2). Minat atas dasar perhatian dengan prosentase 70.69% (pemahaman70.83%, perangsangan 70.28%); 3). Minat atas dasar kebutuhan denganprosentase 70.52% (keinginan akan sesuatu 73.89%, fasilitas 73.61%, keinginanmengerjakan sesuatu 71.57%, fisiologi 60.28%); dan rata-rata minat mencapai73.53%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa olahraga bolavoli sebagai salah satu cabang olahraga permainan yang diminati.

Sesuai dengan hasil yang diperoleh penulis menganjurkan untuk pelatihatau guru olahraga untuk memperhatikan faktor ketertarikan, perhatian dankebutuhan terhadap olahraga bola voli karena faktor tersebut memberi sumbanganyang besar terhadap minat siswa SMP N I Larangan pada olahraga bola voli agarsiswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang akandiadakan.

By Ady Yuniar

Artikel Terkait

Skripsi Olahraga Gratis( Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email