Download Skripsi Administrasi Pendidikan PDF (Manajemen Sekolah Berbasis Program Akseleras)
Judul Skripsi:
Manajemen Sekolah Berbasis Program Akselerasi: Studi Pada SMA Al Ma’soem
Abstrak:
Program akselerasi adalah pemberian pelayanan pendidikan sesuai potensi kecerdasan dan bakat istimewa yang dimiliki siswa, dengan memberi kesempatan untuk dapat menyelesaikan program dalam waktu yang lebih singkat. SMA Al Ma’soem Rancaekek merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan program akselerasi. Penyelenggaraan program ini tentu membutuhkan manajemen (pengeloalaan) yang efektif dan efisien. Karena pengelolaan kelas akselerasi berbeda dengan pengelolaan kelas regular.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai penyelenggaraan manajamen sekolah berbasis program akselerasi di SMA Al Ma’soem yang meliputi: (1) Perencanaan yang meliputi kurikulum, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pembiayaan, peserta didik, dan humas; (2) Sistem pengorganisasian; (3) Pelaksanaan pembelajaran didalam program akselerasi; dan (4) Evaluasi program akselerasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan, dokumen dan triangulasi. Data dianalisis dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Kesabsahan data diperoleh dengan: (1) uji Credibility (Validitas internal); (2) transferability (validitas eksternal); (3) dependability (reliabilitas); dan (4) confirmability (objektivitas).
Hasil analisa menunjukkan bahwa manajemen pendidikan program akselerasi di SMA Al Ma’soem yang meliputi: (1) Perencanaan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum berdeferensiasi. Kurikulum tersebut ditempuh hanya dalam dua tahun. Guru yang akan mengajar di kelas akselerasi di usahakan merupakan guru yang memiliki kemampuan, keahlian, kinerja yang lebih baik dari guru-guru yang lain. Untuk sarana dan prasarana pada program akselerasi tidak jauh berbeda dengan program reguler. Namun pada kelas akselerasi memiliki fasilitas tambahan seperti ada 1 unit komputer di tiap kelasnya. Sementara itu, pembiayaan program akselerasi di semuanya berasal dari orang tua siswa. Dalam penyaringan peserta didik, pihak sekolah menyeleksi melalui beberapa tahapan sehingga siswa yang diterima adalah siswa yang telah lulus dalam beberapa seleksi dan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Program akselerasi ini dipromosikan bersamaan dengan penyebaran informasi tentang penerimaan siswa tahun ajaran baru secara umum; (2) Dalam pengorganisasian, belum adanya uraian tugas secara spesifik untuk pengelola program pendidikan akselerasi karena pengelolaan program akselerasi di satukan dengan pengelolaan sekolah secara keseluruhan; (3) Pelaksanaan pembelajaran program akselerasi berlangsung dengan baik dan telah disesuaikan dengan kalender akademis akselerasi. Selain itu fasilitas yang ada sudah cukup lengkap sehingga proses KBM dapat berjalan baik. Namun dengan jumlah siswa diatas 20 orang membuat kelas bersifat heterogen; (4) Evaluasi program melibatkan seluruh pengurus sekolah dari mulai staff, guru, ketua program, dan kepala sekolah selama satu tahun sekali.
Disarankan agar SMA Al Ma’soem terus meningkatkan kualitasnya maka sebaiknya pihak sekolah membuat sistem pengorganisasian khusus untuk program akselerasi. Hal ini di maksudkan agar pembagian tugas menjadi jelas, terstruktur, dan lebih terorganisir dengan baik. Selain itu di harapkan para guru lebih terampil dan kreatif dalam mengelola kelas.
Kata Kunci : akselerasi, manajemen akselerasi, manajemen sekolah berbasis program akselerasi
Accelerated program is the provision of education services in accordance intelligence and talents of students, giving the opportunity to be able to complete the program in a shorter time. SMA Al Ma’soem Rancaekek is one of the schools offer accelerated programs. This requires the implementation of program management are effective and efficient. Acceleration due to classroom management is different from the reluger classroom management.
Generally, this study aims to describe the implementation of school-based programs manajamen acceleration in SMA Al Ma'soem which includes: (1) that includes curriculum planning, teaching, infrastructure, finance, students, and public relations, (2) organizing systems, (3) Implementation of learning in an accelerated program, and (4) Evaluation of the accelerated program.
The method used in this research is descriptive method with qualitative approach . Data were collected through interviews , observations , documents and triangulation. Data were analyzed with (1) data reduction , (2) the presentation of the data , and (3) drawing conclusions . Kesabsahan the data obtained by : (1) test Credibility (internal validity) , (2) transferability (external validity) , (3) dependability (reliability), and (4) confirmability (objectivity).
The analysis shows that the management of the education program at the high school acceleration Al Ma'soem which includes : (1) Planning curriculum used is differentiated curriculum . The curriculum is all within two years . Teachers who will teach in class acceleration in trying a teacher has the ability, expertise, better performance than other teachers. For facilities and infrastructure on an accelerated program is not much different from the regular program. But in accelerated classes have additional facilities such as a computer there are 1 unit in each class. Meanwhile, in the accelerated program funding all comes from the parents. Learners in screening, selecting the school through several stages so that students who are enrolled are students who have passed the selection and few have met the requirements specified. This accelerated program is promoted in conjunction with the dissemination of information about the new school year admissions in general, (2) Within the organization, the lack of specific job descriptions for accelerated education program manager for the management of an accelerated program united with the management of the school as a whole, (3) Implementation accelerated learning program is progressing well and has adjusted to the academic calendar acceleration. In addition to the existing facilities are complete enough so that the learning process can be run well. However, the number of students over 20 people make heterogeneous classes, (4) Evaluation of the program involves the entire school board from starting staff , teachers , program chairman , and head of school for one year.
The suggestion from this study is that SMA Al Ma'soem improving the quality of the school then you should make a special organizing system for the accelerated program. This in intended to be a clear division of tasks, structured, and be well organized. In addition it is expected the more skilled and creative teachers in classroom management.
Keywords: accelerated, management accelerated, school management based accelerated program.
Link Download:
Text S_ADP_0907152_TITLE.pdf Download (346Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_ABSTRACT.pdf Download (298Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_TABLE OF CONTENT.pdf Download (264Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_CHAPTER1.pdf Download (341Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_CHAPTER2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (580Kb) | |
Text S_ADP_0907152_CHAPTER3.pdf Download (633Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_CHAPTER4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (714Kb) | |
Text S_ADP_0907152_CHAPTER5.pdf Download (252Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_BIBLIOGRAPHY.pdf Download (253Kb) | Preview | |
Text S_ADP_0907152_APPENDIX.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (378Kb) |
Download Skripsi Administrasi Pendidikan PDF (Manajemen Sekolah Berbasis Program Akseleras)
4/
5
Oleh
Oe'