Monday, March 31, 2014

Skripsi Psikologi Pendidikan (INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK)

Skripsi Psikologi Pendidikan (INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK)

Judul Skripsi:

KONTRIBUSI INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK : Studi terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2013/2014

Abstrak:

Perkembangan kemandirian remaja dapat berkembang melalui hubungan dalam keluarga, hubungan dengan teman sebaya serta hubungan dengan orang di luar keluarga. Interaksi sosial teman sebaya pada remaja dapat menjadi salah satu sumber dukungan bagi remaja dalam perkembangan kemandirian remaja. Remaja memiliki motivasi yang kuat untuk berkumpul bersama teman sebaya dan menjadi sosok yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran interaksi sosial teman tebaya peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kab Bandung, (2) gambaran kemandirian peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kab Bandung, (3) kontribusi interaksi sosial teman sebaya terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kab Bandung. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu studi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara umum, gambaran interaksi sosial teman sebaya peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kab Bandung berada pada kategori tinggi, (2) Secara umum, gambaran kemandirian peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kab Bandung berada pada kategori tinggi, (3) terdapat kontribusi yang signifikan sebesar 44,8% antara interaksi sosial teman sebaya terhadap kemandirian peserta didik. Kata kunci : Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kemandirian, Peserta didik SMP The development of adolescent autonomy can evolve through relationships within the family, relationships with peers and relationship with people outside the family. Peer social interaction in adolescents can be one of the sources of support for adolescents in the development of adolescent autonomy. Adolescents have a strong motivation to gather with peers and becoming an autonomous person. This study aimed to obtain (1) description of peer social interaction the grade VIII student SMP Muhammadiyah 4 Bandung Regency, (2) description of student autonomy the grade VIII SMP Muhammadiyah 4 Bandung Regency, (3) contributions peer social interaction to student autonomy the grade VIII SMP Muhammadiyah 4 Bandung Regency. The research approach using a quantitative approach. The method used is descriptive study. The results showed that (1) Generally, description of peer social interaction the grade VIII student SMP Muhammadiyah 4 Bandung Regency in high category, (2) Generally, description of student autonomy the grade VIII SMP Muhammadiyah 4 Bandung Regency in high category, (3) There is a significant contribution of 44,8% between peer social interaction to student autonomy. Keyword : Peer Social Interaction, Autonomy, Junior High School Students.

Link Download:

[img]Text
S_PPB_0806878_Title.pdf 

Download (204Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PPB_0806878_Abstract.pdf 

    Download (190Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PPB_0806878_Table_of_Content.pdf 

      Download (288Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PPB_0806878_Chapter1.pdf 

        Download (392Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PPB_0806878_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (442Kb)
            [img]Text
            S_PPB_0806878_Chapter3.pdf 

            Download (595Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PPB_0806878_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (794Kb)
                [img]Text
                S_PPB_0806878_Chapter5.pdf 

                Download (196Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PPB_0806878_Bibilography.pdf 

                  Download (328Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PPB_0806878_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (277Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Psikologi Pendidikan (INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email