Download Skripsi Ilmu Pendidikan Sosial ; PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATA PELAJARAN IPS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 10 Bandung. Hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi banyak sekali permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Beberapa permasalahan itu seperti motivasi belajar, kondisi kelas dan proses pembelajaran yang monoton. Dengan beberapa permasalahan tersebut, peneliti memutuskan untuk memberikan solusi demi memperbaiki kualitas pembelajaran, yaitu menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengambilan metode ini juga dilatarbelakangi oleh kajian pustaka yang dilakukan peneliti. Dikatakan bahwa metode PBL dapat membuat siswa menjadi lebih ingat dan meningkat pemahamannya atas materi ajar, meningkatkan fokus pada pengetahuan yang relevan, mendorong untuk berpikir, membangun kerja tim, kepemimpinan, dan keterampilan sosial, membangun kecakapan belajar dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana merencanakan dan melaskanakan metode PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, hambatan atau kendala yang dihadapi dan upaya apa yang dilakukan untuk menyelesaikan hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadopsi dari Hopkins. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang mencakup empat tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Bandung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus pertama hasil observasi menunjukkan angka 34,21 %. Angka ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama hasil yang diperoleh masih pada kategori kurang. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan. Angka 69,73% berhasil dicapai dan masuk pada kategori baik. Peningkatan juga terus meningkat dilihat dari hasil observasi pada siklus ketiga. Angka 93,42 % berhasil dicapai dan masuk pada kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan yang dicapai siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka tergolong cepat.
Link download:
Text S_PSIPS_0901876_Title.pdf Download (482kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Abstract.pdf Download (306kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Table_of_Content.pdf Download (280kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Chapter1.pdf Download (347kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (568kB) | |
Text S_PSIPS_0901876_Chapter3.pdf Download (404kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (1MB) | |
Text S_PSIPS_0901876_Chapter5.pdf Download (309kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Bibilography.pdf Download (298kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0901876_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (501kB) |
Download Skripsi Ilmu Pendidikan Sosial ; PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATA PELAJARAN IPS
4/
5
Oleh
dany