Download Skripsi Ilmu Pendidikan Sosial ; PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pra penelitian yang penulis lakukan di SMP Laboratorium Percontohan UPI). Penulis menemukan adanya masalah dalam pembelajarn IPS di kelas VIII E, yaitu rendahnya kerjasama dalam kelompok. Hal ini terlihat ketika proses diskusi pada pembelajaran IPS berlangsung diantaranya Pertama, ada beberapa siswa tidak mampu menerima pendapat teman sekelompoknya dalam memecahkan masalah. Kedua, pada saat proses pembelajaran berlangsung terutama saat diskusi sedang berjalan tidak semua siswa yang tergabung dalam kelompok ikut serta menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Ketiga, saat diskusi sedang berlangsung, siswa yang dianggap pandai harus bekerja ekstra melebihi siswa yang lainnya dalam satu kelompoknya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divissions (STAD) untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pendakatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan peneliti yaitu lembar panduan observasi, catatan lapangan, rubrik, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII E SMP Laboratorium Percontohan UPI. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII E SMP Laboratorium Percontohan UPI menunjukkan bahwa (1) Rancangan dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini antara lain peneliti melakukan diskusi dengan guru mitra sebagai upaya menyusun langkah yang benar sesuai dengan pembelajaran yang sedang berlangsung. (2) Pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada penelitian ini guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari itu, kemudian guru langsung membagi kelompok sesuai dengan hasil belajar. Masing- masing kelompok terdiri dari 4- 5 orang. Guru membagikan LKS untuk dikerjakan oleh masing- masing kelompok dan hasil pekerjaan kelompok tersebut dipresentasikan di depan teman- teman. Kelompok yang sedang melakukan presentasi mempersilakan kelompok lain untuk bertanya atau menyanggah. (3) Kendala- kendala yang dihadapi saat penelitian adalah sulitnya menentukan materi yang sesuai, mengingat SK/KD IPS pada saat ini belum terpadu secara utuh, dimana SK/KD menonjolkan disiplin ilmu sosial tertentu. Sebaiknya IPS yang diterapkan dipersekolahan sudah terpadu secara utuh karena akan mempermudah dalam mengkaji masalah sosial. (4) mengupayakan agar hambatan- hambatan dapat diatasi, yaitu guru sebaiknya menjadi fasilitator dan memonitoring seluruh kelompok supaya kelompok tergugah hatinya untuk menjadikan kelompoknya yang terbaik dalam setiap kerjasama dan performancenya.
Kata Kunci : Students Teams Achievement Divissions (STAD), Kerjasama.
Link download:
Text S_PSIPS_0903976_title.pdf Download (303kB) | Preview | ||
Text S_PSIPS_0903976_abstract.pdf Download (191kB) | Preview | ||
Text S_PSIPS_0903976_table of content.pdf Download (191kB) | Preview | ||
Text S_PSIPS_0903976_chapter1.pdf Download (263kB) | Preview | ||
Text S_PSIPS_0903976_chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (343kB) | ||
Text S_PSIPS_0903976_chapter3.pdf Download (347kB) | Preview | ||
Text S_PSIPS_0903976_chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (5MB) | ||
Text S_PSIPS_0903976_chapter5.pdf Download (206kB) | Preview | ||
| Text S_PSIPS_0903976_bibliography.pdf Download (187kB) | Preview | |
Text S_PSIPS_0903976_appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (890kB) |
Download Skripsi Ilmu Pendidikan Sosial ; PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK
4/
5
Oleh
dany