Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA )
Judul Skripsi:
INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA : Penelitian Deskriptif Analitik terhadap Siswa Kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang Tahun Ajaran 2013/ 2014Abstrak:
Penelitian ini berawal dari permasalahan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang yang menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Sunda secara bersamaan. Hal tesebut menyebabkan terjadinya interferensi pada pemelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut ini: (1) bentuk interferensi struktur bahasa Sunda yang terdapat dalam bahasa Indonesia ragam lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat; (2) faktor sosial budaya yang menyebabkan interferensi bahasa Sunda yang terdapat dalam bahasa Indonesia ragam lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang; (3) alternatif metode pembelajaran berbicara untuk meminimalisasi interferensi bahasa Sunda dalam kemampuan bahasa Indonesia ragam lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang; (4) hasil penerapan metode pembelajaran berbicara yang dapat meminimalisasi interferensi bahasa Sunda dalam bahasa Indonesia lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik padan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran berbicara terdapat interferensi bahasa Sunda pada tataran fonologis, morfologis, sintaksis, dan leksikal. Dari temuan tersebut, disusun metode pembelajaran role playing. Metode role playing dapat mengurangi interferensi bahasa Sunda dalam pembelajaran berbicara siswa. Berdasarkan dua temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat mengurangi interferensi bahasa Sunda dalam pembelajaran berbicara di kelas.
Link Download:
Text S_IND_0907342_Title.pdf Download (148Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Abstract.pdf Download (145Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Table of Content.pdf Download (222Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Chapter1.pdf Download (276Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (340Kb) | |
Text S_IND_0907342_Chapter3.pdf Download (246Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (462Kb) | |
Text S_IND_0907342_Chapter5.pdf Download (222Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Bibliography.pdf Download (215Kb) | Preview | |
Text S_IND_0907342_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (795Kb) |
Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA )
4/
5
Oleh
Oe'