Sunday, March 30, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA )

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA )

Judul Skripsi:

INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA : Penelitian Deskriptif Analitik terhadap Siswa Kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang Tahun Ajaran 2013/ 2014

Abstrak:

Penelitian ini berawal dari permasalahan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang yang menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Sunda secara bersamaan. Hal tesebut menyebabkan terjadinya interferensi pada pemelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut ini: (1) bentuk interferensi struktur bahasa Sunda yang terdapat dalam bahasa Indonesia ragam lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat; (2) faktor sosial budaya yang menyebabkan interferensi bahasa Sunda yang terdapat dalam bahasa Indonesia ragam lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang; (3) alternatif metode pembelajaran berbicara untuk meminimalisasi interferensi bahasa Sunda dalam kemampuan bahasa Indonesia ragam lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang; (4) hasil penerapan metode pembelajaran berbicara yang dapat meminimalisasi interferensi bahasa Sunda dalam bahasa Indonesia lisan siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MA Ar-Rochmah Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik padan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran berbicara terdapat interferensi bahasa Sunda pada tataran fonologis, morfologis, sintaksis, dan leksikal. Dari temuan tersebut, disusun metode pembelajaran role playing. Metode role playing dapat mengurangi interferensi bahasa Sunda dalam pembelajaran berbicara siswa. Berdasarkan dua temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat mengurangi interferensi bahasa Sunda dalam pembelajaran berbicara di kelas.

Link Download:

[img]Text
S_IND_0907342_Title.pdf 

Download (148Kb) | Preview
    [img]Text
    S_IND_0907342_Abstract.pdf 

    Download (145Kb) | Preview
      [img]Text
      S_IND_0907342_Table of Content.pdf 

      Download (222Kb) | Preview
        [img]Text
        S_IND_0907342_Chapter1.pdf 

        Download (276Kb) | Preview
          [img]Text
          S_IND_0907342_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (340Kb)
            [img]Text
            S_IND_0907342_Chapter3.pdf 

            Download (246Kb) | Preview
              [img]Text
              S_IND_0907342_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (462Kb)
                [img]Text
                S_IND_0907342_Chapter5.pdf 

                Download (222Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_IND_0907342_Bibliography.pdf 

                  Download (215Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_IND_0907342_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (795Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA LISAN DAN IMPLIKASINYA )
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email