Friday, March 28, 2014

Download Skripsi PGSD Gratis (PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM IPA MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA)

Download Skripsi PGSD Gratis (PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM IPA MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA)

Judul Skripsi:

PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA : Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Peundeuy Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2013/2014

Abstrak:

Penelitian ini berjudul ” Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Tentang Materi Wujud Benda dan Sifatnya”. Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme. Subjek yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa pada tahun pelajaran 2013/2014 di SDN Peundeuy Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi kemudian dibuat perencanaan perbaikan yang digunakan dalam siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun instrumen pengumpulan data berupa tes siklus, lembar observasi dan angket siswa. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pelaksanaan tindakan pembelajaran, lembar observasi guru/peneliti serta siswa digunakan untuk mengobservasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti/guru serta siswa sedangkan angket siswa digunakan untuk menjaring respon siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pembelajaran mengalami peningkatan. Data menunjukkan bahwa pada tindakan pembelajaran siklus I hasil belajar siswa diperolehan nilai rata-rata 67,00 dengan 50% siswa di atas KKM dan pada tindakan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan yang cukup tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 78,00 dengan prosentase siswa di atas KKM sebesar 76%. Penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran mencakup empat prinsip yaitu: 1).Prinsip pengetahuan awal siswa 2).Prinsip pemberian pengalaman langsung 3).Prinsip mengaktifkan interaksi sosial 4).Prinsip pencapaian kepahaman. Adapun saran bagi guru yang bertugas sebagai fasilitator dan pemberi inspirasi bagi siswa hendaknya lebih kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran dan memiliki multi metode yang menarik agar pembelajaran lebih bermakna dan dapat membuat siswa aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Link Download:

[img]Text
S_PGSD_1107380_Title.pdf 

Download (196Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PGSD_1107380_Abstract.pdf 

    Download (254Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PGSD_1107380_Table_of_Content.pdf 

      Download (332Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PGSD_1107380_Chapter1.pdf 

        Download (194Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PGSD_1107380_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (263Kb)
            [img]Text
            S_PGSD_1107380_Chapter3.pdf 

            Download (336Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PGSD_1107380_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (547Kb)
                [img]Text
                S_PGSD_1107380_Chapter5.pdf 

                Download (184Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PGSD_1107380_Bibilography.pdf 

                  Download (170Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PGSD_1107380_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (837Kb)

                    Artikel Terkait

                    Download Skripsi PGSD Gratis (PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM IPA MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email