Download Skripsi PGSD Gratis (PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN IPA)
Judul Skripsi:
PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Karang Mulya Kelas IV Semester Ganjil Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2013-2014Abstrak:
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD” (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Karang Mulya Kelas IV Semester Ganjil Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2013-2014). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perolehan rata-rata nilai ulangan harian siswa kelas IV yang kurang yakni 54,86 dari target KKM 68. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yakni dengan menggunakan media film. Secara umum tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media film, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media film, (3) mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media film. Subjek yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas IV SDN Karang Mulya yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 16 orang perempuan dan 19 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2013/2014 di SDN Karang Mulya Kecamatan Jalancagak Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi kemudian dibuat perencanaan perbaikan yang digunakan dalam siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun instrumen pengumpulan data berupa tes siklus dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah pelaksanaan tindakan pembelajaran, lembar observasi guru/peneliti serta siswa digunakan untuk mengobservasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti/guru serta siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pembelajaran mengalami peningkatan. Data menunjukan bahwa pada tindakan pembelajaran siklus I hasil belajar aspek kognitif siswa diperolehan nilai rata-rata 70,57 dengan ketuntasan 65,71% dan pada tindakan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan yang cukup tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 90,28 dengan ketuntasan 94,29%. Seiring dengan meningkatannya nilai kognitif siswa maka nilai keterampilan dan nilai sikap siswapun mengalami peningkatan tiap siklusnya. Adapun saran yang penulis berikan diantaranya (1) guru dapat mengoptimalkan media dengan memilih penggunaan media film, (2) guru harus mempunyai kreatifitas dan usaha yang keras untuk merancang media agar pembelajaran lebih menarik. (3) Untuk kepala sekolah hendaknya memberikan dukungan dan motivasi kepada para guru terhadap penyediaan media. (4) Untuk para peneliti lainnya dapat menggunakan dan mengembangkan penelitian penggunaan media film ini pada penelitian selanjutnya, tidak hanya kepada materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya, melainkan pada materi lain atau mata pelajaran lainnya.
Abstract: The background for this research is based on students’ average mark on fourth grade which less in 54.86 from the maximum target 68. The point of this research is to increase the learning process and the response from the students by using movie. The method for this research is Classroom Action Research (CAR) with Kemmis and Mc Taggart Model. The subjects for this research are 35 students consisting of 16 girls and 19 boys at Karangmulya elementary school Jalancagak Subang. The data shows that the first cycle of learning action of students' in cognitive aspect learning average mark 70.57 with completeness 65.71% and the second cycle of learning action increased with the acquisition of a high enough average mark of 90.28 with completeness 94,29%. Along with the increase of the students mark in cognitive skills and attitudes, the students mark will increase in every cycle.
Keywords: Movie media, students learning result.
Link Download:
Text S_PGSD_1206777_Title.pdf Download (122Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Abstract.pdf Download (318Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Table of Content.pdf Download (159Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Chapter1.pdf Download (224Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (416Kb) | |
Text S_PGSD_1206777_Chapter3.pdf Download (325Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (573Kb) | |
Text S_PGSD_1206777_Chapter5.pdf Download (164Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Bibliography.pdf Download (162Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_1206777_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (329Kb) |
Download Skripsi PGSD Gratis (PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN IPA)
4/
5
Oleh
Oe'