Download Skripsi PAUD (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA AUDIO INTERAKTIF)
Judul Skripsi:
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENYIMAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO INTERAKTIF: Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Purwakarta Tahun Pelajaran 2012-2013Abstrak:
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan menyimak anak TK kelompok B TK Negeri Pembina. Dalam proses pembelajaran anak-anak kurang termotivasi dan banyak anak yang tidak memperhatikan. Hal ini disebabkan oleh faktor penyajian pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kurang menarik karena belum menggunakan strategi dan media yang cocok dan menarik untuk mengembangkan kemampuan menyimak. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang dapat mengembangkan kemampuan menyimak anak TK. Solusi yang diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan media audio interaktif. Media audio interaktif yaitu sebuah program pembelajaran di TK yang menggunakan media AUDIO. Dengan program ini, pembelajaran disampaikan melalui proses mendengarkan instruksi dari CD/kaset pembelajaran yang telah disiapkan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio interaktif, peningkatan kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Purwakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan mendeskripsikan temuan-temuan selama penelitian. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri pembina Kecamatan Purwakarta yang berjumlah 21 anak.
Hasil penelitian yang diperoleh tentang kemampuan menyimak anak TK menunjukan perkembangan yang sangat baik. Hal ini terlihat data peningkatan setiap siklus setelah melaukan pembelajaran menyimak dengan menggunakan media audio interaktif. siklus kesatu adalah 36.62% anak masih Belum Berkembang (BB), 41.71% anak Mulai Berkembang (MB), 16.58% anak berkembang sesuai harapan, dan 9.09% anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus kedua, dari jumlah seluruh aspek penilaian berdasarkan Media Audio Interaktif yang digunakan yang telah dihitung berdasarkan aspek penilaian, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan anak pada siklus kedua adalah 0.00% atau tidak ada anak yang Belum Berkembang (BB), 38.50% anak Mulai Berkembang (MB), 38.77% anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 22.73 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Pada siklus ketiga, kemampuan menyimak yang telah dihitung berdasarkan aspek penilaian yaitu: 0.00% atau tidak ada anak Belum Berkembang, Tidak ada anak yang Mulai Berkembang (MB), 45.72% anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 54,28% anak Berkembang Sangat Baik (BSB).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa media audio interaktif dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak TK.
Kata Kunci: Kemampuan Anak dalam Menyimak dan Media Audio Interaktif
The problems that was arose in this research are the lowness of listening ability children in Group B Pembina Kindergarten School Purwakarta. In the learning process, lot of children shows, like of motivation and attention. It seemed that the learning material that conducted by teacher is not interesting yet, because they do not use suitable strategy and interesting media in which be able to develop listening ability of Kindergarten children. One of the effort to overcome that problems is by using Audio Interactive media. It is a learning program in kindergarten using audio media. In this program, learning process are held by listening instruction from the CD.
The aim of the research are to know whether learning process using audio interactive media and to know whether the increasing of listening ability. Children of group B Pembina Kindergarten school Purwakarta. The research are conducted by using Classroom Action Research by describing the findings during the observation. The subject of the research are children of Group B Pembina Kindergarten School Purwakarta region and using 21 children.
The result of the research the children’s listening ability shows the improvement. Based on the calculation there are the increasing in each cycle after using Audio Interactive Media. In the first cycle 36,62% children still not developing yet (BB), 47,71% developing children (MB), 16,58% develop into the expectation (BSH) and 9,09% children have been developed well.
In the second cycle, from all the aspect of assessment of Audio Interactive Media that have been calculated, the writer conclude that 0% children still not developing yet (BB), 38,50% developing children (MB), 38,77% children developed into the expectation and 22,73% children have been developed well. In the third cycle. Children that not developing yet and in the developing are 0%, 45,72% children developed into the expectation and 54,28& children have been developed well.
Referring to the experience in conducting this research the writer recommend kindergarten teacher using Audio Interactive Media as an effective media for increasing kindergarten children’s listening ability.
Key words: children’s listening ability and audio interactive media.
Link Download:
Text S_PAUD_1007929_TITLE.pdf Download (213Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_ABSTRACT.pdf Download (281Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_TABLE OF CONTENT.pdf Download (145Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_CHAPTER1.pdf Download (256Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_CHAPTER2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (347Kb) | |
Text S_PAUD_1007929_CHAPTER3.pdf Download (357Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_CHAPTER4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (563Kb) | |
Text S_PAUD_1007929_CHAPTER5.pdf Download (162Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_BIBLIOGRAPHY.pdf Download (114Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1007929_APPENDIX.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (200Kb) |
Download Skripsi PAUD (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA AUDIO INTERAKTIF)
4/
5
Oleh
Oe'