Download Skripsi PGTk (KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI- MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN)
Judul Skripsi:
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN : Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Play Group Salman Al Farisi Bandung Tahun Pelajaran 2013-2014Abstrak:
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan menyimak yang terdapat di kelompok B PG Salman AlFarisi Bandung. Permasalahan tersebut perlu segera dicarikan jalan keluarnya, mengingat kemampuan menyimak ini merupakan dasar dari pengembangan bahasa anak selanjutnya. Permasalahan ini terlihat dari masih adanya anak yang tidak memperhatikan guru saat guru bercerita atau berbicara, beberapa anak masih senang bermain-main, berbicara dengan temannya, belum dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan anak belum mau ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperoleh gambaran tentang meningkatnya kemampuan menyimak menggunakan media video pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana kemampuan menyimak anak pada kelompok B PG Salman Al Farisi Bandung? (2) Bagaimana menggunakan media video pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menyimak di kelompok B PG Salman Al Farisi Bandung? (3) Bagaimana kemampuan menyimak di kelompok B PG Salman Al Farisi Bandung setelah menggunakan media video pembelajaran? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B PG Salman Al Farisi Bandung yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing dengan tiga tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak menggunakan media video pembelajaran. Pada siklus I anak yang berada pada kategori baik (B) sebanyak 8 anak, cukup (C) sebanyak 6 anak dan kurang (K) sebanyak 1 anak. Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan, anak yang berada pada kategori baik (B) sebanyak 13 anak, cukup (C) 2 anak sedangkan anak dengan kategori kurang (K) sudah tidak ada. Rekomendasi bagi guru dalam menggunakan media video pembelajaran adalah guru harus mengetahui jenis video yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak, program video harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru harus mengenal program video yang tersedia dan terlebih dahulu melihatnya untuk mengetahui manfaatnya bagi pelajaran. Penggunaan media video pembelajaran bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak.
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Media video pembelajaran
This study started from problems related to scrutinize skills in group B PG Salman Al-Farisi Bandung. Those problems need immediately to be resolved, remember the ability of this scrutinize is the basis from improvement of the next language children. This problem is manifested in the presence of a child who does not attention the teacher when the teacher tell or speak, some kids still enjoy to play games, talk with friends, can’t answer the questions posed by the teacher and the child does not want to be actively involved in learning activities in the classroom. The purpose of this study is to obtain an overview of the increasing scrutinize skills using video learning media. As for the formulation of the problem in this study is : (1) How does a child scrutinize skills in group B PG Salman Al Farisi Bandung ? (2) How to use the instructional video media in improving scrutinize skills in group B PG Salman Al Farisi Bandung ? (3) How do scrutinize skills in group B PG Salman Al Farisi Bandung after to use the media Video Learning? The method used in this study is the method of action research (PTK). The technique used in this study is the observation and study documentation. Subjects in this study that is children in group B PG Salman Al Farisi Bandung totaling 15 children. This research was done in two cycles, each with three acts. The results showed an increase in scrutinize skills using Video instructional media. In the first cycle the children who are in good category (B) is 8 children, enough category (C) is 6 children and less category (K) is 1 child. In cycle II has increased significantly, children who are in the good category (B) as many as 13 children, Enough category (C) is 2 children while children with less category ( K ) is not there. Recommendations for the teachers in using the media of video learning is the teacher must know the type of video that correspond to the needs and age of the child, video programs must be in accordance with the purpose of learning, the teacher must know the available video programs and first look to find out the benefits for learning . Using of instructional video media can be used to improve scrutinize skills.
Keywords : scrutinize ability, Video Learning Media.
Link Download:
Text S_PAUD_0902876_Title.pdf Download (198Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902876_Abstract.pdf Download (225Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902876_Table of Content.pdf Download (156Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902876_Chapter1.pdf Download (307Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902876_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (324Kb) | |
Text S_PAUD_0902876_Chapter3.pdf Download (286Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902876_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (421Kb) | |
Text S_PAUD_0902876_Chapter5.pdf Download (223Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902876_Bibliography.pdf Download (288Kb) | Preview |
Download Skripsi PGTk (KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI- MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN)
4/
5
Oleh
Oe'