Friday, October 11, 2013

Download Skripsi Pendidikan Matematika(Pengaruh metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa)

Download Skripsi Pendidikan Matematika(Pengaruh metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa)

Metode Resitasi adalah suatu cara belajar mengajar dimana guru dan siswa merencanakan bersama-sama suatu soal, problem atau kegiatan yang harus diselesaikan siswa dalam waktu tertentu. Sedangkan salah satu bentuk pengajaran matematika di luar kelas yaitu dengan penyelesaian tugas di lapangan, berupa kegiatan matematika yang dilaksanakan bukan di laboratorium belaka tetapi lebih luas yang memanfaatkan alam terbuka dan lingkungan sekitar.

Kemampuan awal pada siswa juga merupakan prasyarat yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat mengikuti pelajaran dengan lancar. Hal ini disebabkan karena materi pelajaran yang ada disusun secara terstruktur, artinya materi pelajaran disusun untuk kelas yang berada di atasnya. Sebelum sampel diberi perlakuan (kelas eksperimen dengan metode resitasi dan kelas kontrol dengan metode ekspositori) diperlukan analisis data terlebih dahulu yaitu data kemampuan awal siswa yang diperoleh dari nilai UAS semester I. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh asumsi bahwa kelas sampel yang dipilih berawal dari kemampuan awal yang sama (kemampuan awal tidak berbeda secara signifikan) sehingga setelah diberi perlakuan terjadi perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol hal ini disebabkan karena penggunaan metode resitasi pada kelas eksperimen (Metode resitasi dengan menggunakan LKS mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa daripada pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori).

Pada umumnya sumber belajar diartikan secara sempit oleh guru, yaitu hanya terbatas pada buku-buku pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada penyusunan perencanaan pengajaran, yang dicantumkan sebagai sumber belajar kebanyakan hanya buku pelajaran saja, sumber-sumber belajar yang lain kurang dioptimalkan penggunaannya sebagai sarana dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Begitu juga pada pengajaran matematika halaman perhalaman sesuai dengan apa yang tertulis dalam buku paket dan kurang mengoptimalkan pengajaran matematika di luar kelas di mana pendidikan tidak hanya berorientasi pada nilai akademik yang bersifat pemenuhan aspek kognitif saja, melainkan juga berorientasi pada cara anak didik dapat belajar dari lingkungan, pengalaman dan kehebatan orang lain, kekayaan dan luasnya hamparan alam sehingga mereka bisa mengembangkan sikap kreatif dan daya pikir imaginatif.

Sejak tahun 2006/2007 SMP Negeri 13 Semarang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas VII dan kelas VIII, sedangkan untuk kelas IX masih menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Dalam KTSP, kegiatan pembelajaran lebih terpusat kepada siswa dan mengembangkan kretafitas siswanya. Atas dasar hal itulah diperlukan adanya variasi model pembelajaran. Selam ini pelajaran matematika di SMP Negeri 13 Semarang masih banyak disampaikan secara monoton.


Pasword: OX0O0vMm

Artikel Terkait

Download Skripsi Pendidikan Matematika(Pengaruh metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja siswa)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email