Friday, October 11, 2013

Download Skripsi Pendidikan Fisika( Penerapan Contextual Teaching and Learning)

Download Skripsi Pendidikan Fisika( Penerapan Contextual Teaching and Learning)

Model pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Salah satu model pembelajaran yang sangat berguna untuk membantu siswa dalam menumbuhkan kemampuan kerjasama, berfikir kritis dan kemampuan membantu teman adalah Contextual Teaching and Learning.

Pendekatan kontekstual merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

Dalam kelas kontekstual guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama menemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). Dalam pembelajaran kontekstual disini menggunakan suatu metode pembelajaran diskusi yaitu penilaian yang tidak hanya di ambil berdasarkan hasil nilai ulangan saja melainkan 1) Harus mengukur semua aspek pembelajaran yaitu proses, kinerja, dan produk, 2) Dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung, 3) Menggunakan berbagai cara dan berbagai sumber, 4) Tes hanya salah satu alat atau pengumpul data penilaian, 5) Tugas–tugas yang diberikan kepada siswa harus mencerminkan bagian– bagian kehidupan siswa yang nyata setiap hari, mereka harus dapat menceritakan pengalaman atau kegiatan yang mereka lakukan setiap hari, 6) Penilaian harus menekankan kedalaman pengetahuan dan keahlian siswa, bukan keluasannya (kuantitas).

Menurut survei peneliti, model pembelajaran diskusi baru diterapkan di SMKN 1 Kasreman untuk meningkatkan prestasi belajar afektif dan kognitif siswa pada mata pelajaran fisika. Metode diskusi lebih menekankan proses pembelajaran, maka data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata yang dikerjakan siswa saat melakukan proses pembelajaran. Kemajuan belajar dinilai dari proses, bukan hanya hasil.

Prinsip utamanya diskusi dalam pembelajaran kontekstual tidak hanya menilai apa yang diketahui siswa, tetapi juga menilai apa yang dapat dilakukan siswa. Penilaian ini mengutamakan penilaian kualitas hasil kerja siswa dalam menyelesaikan suatu tugas.


Password: sipc4m4L

Artikel Terkait

Download Skripsi Pendidikan Fisika( Penerapan Contextual Teaching and Learning)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email