Thursday, October 3, 2013

Download Skripsi Informatika Gratis(Simulasi sistem antrian dan perbandingannya)

Download Skripsi Informatika Gratis(Simulasi sistem antrian dan perbandingannya)

Antrian banyak diterapkan diberbagai aspek. Request (permintaan) yang datang tidak bisa langsung dilayani. Mungkin karena server/pelayanannya terbatas atau waktu pelayanan yang panjang untuk itu request tersebut perlu dimasukkan dalam antrian. Antrian adalah suatau baris tunggu dari satuan yang memerlukan layanan dari satu atau lebih pelayanan (fasilitas pelayanan). Antri merupakan kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Suatu antrian misalnya disuatu pembelian tiket kereta api terbentuk bila jumlah pembeli tiket yang datang lebih besar dari pada jumlah pembeli yang dapat dilayani dan meninggalkan loket. Suatu antrian terjadi bila tingkat kedatangan lebih besar dari pada tingkat pelayanannya.

Teori antrian pertama kali dikemukakan oleh A.K.Erlang, yang menggambarkan model antrian untuk menentukan jumlah optimal dari fasilitas telepon switching yang digunakan untuk melayani permintaan yang ada. Ciri-ciri operasi sebuah sistem antrian yang sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan manajemen antara lain, rata-rata waktu antri untuk setiap orang, rata-rata lamanya seorang diproses dalam sistem, rata-rata banyaknya pengantri dalam sistem dan rata-rata banyaknya pengantri dalam antrian.

Simulasi adalah proses perancangan model dari suatu sistem nyata (rill) dan pelaksanaan eksperimen pada model ini bertujuan untuk memahami tingkah laku sistem atau untuk menyusun strategi sehubungan dengan operasi sistem tersebut. Simulasi sistem sama dengan teknik simulasi tetapi lebih umum yaitu teknik pemecahan model melalui pengamatan tingkah laku (penampilan) model dinamik dari sistem yang dikaji. Secara umum studi simulasi melibatkan bilangan acak dalam perhitungannya.

Setiap masalah antrian melibatkan kedatangan. Misalnya, orang, mobil atau panggilan telepon untuk dilayani. Unsur ini sering dinamakan proses input. Proses input meliputi sumber kedatangan atau biasa dinamakan Calling Population. Cara terjadinya umumnya merupakan proses acak. Inti dari analisa adalah antri itu sendiri. Timbulnya antrian tergantung bersifat kedatangan dan proses pelayanan. Penentuan antrian yang penting adalah disiplin antri. Disiplin antri adalah aturan keputusan yang menjelaskan cara melayani pengantrian.

Mekanisme pelayanan dapat terdiri dari satu atau lebih fasilitas pelayanan. Contohnya pelayanan pada jalan tol dapat memiliki beberapa pintu tol. Mekanisme pelayanan hanya terdiri dari satu pelayanan dalam satu fasilitas pelayanan yang biasa di temui pada loket seperti penjualan tiket di gedung theater. Disamping itu perlu diketahui cara pelayanan dirampungkan yang kadang – kadang merupakan proses random. Theather 21 DM adalah sebuah bioskop yang memiliki masalah dalam sistem antrian karena banyaknya pengantri/langganan yang datang tidak diimbangi dengan fasilitas pelayanannya, jadi manajemennya tidak efektif dan efisien jika dilihat dari segi waktu dan biaya.


Password: mpGtBK9z

Artikel Terkait

Download Skripsi Informatika Gratis(Simulasi sistem antrian dan perbandingannya)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email