Sunday, September 15, 2013

Download Skripsi Kesehatan Gratis(Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Perawat)

Download Skripsi Kesehatan Gratis(Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Perawat)

Kewaspadaan Universal merupakan upaya pengendalian infeksi yang harus diterapkan dalam pelayanan kepada semua pasien, setiap waktu untuk mengurangi resiko infeksi yang di tularkan melalui darah. Dalam pengendalian infeksi penerapan KU merupakan hal yang sangat mendasar dalam asuhan keperawatan bagi setiap orang tanpa memandang status infeksinya. KU harus merupakan kegiatan rutin, perlu dilakukan penyediaan bahan dan alat yang cukup, pengawasan serta pemantauan untuk memastikan penerapan KU tersebut.

Setiap perawat secara pribadi harus menjaga hygiene perorang, selalu mencuci tangan dengan benar sebelum dan setelah melakukan tindakan. Selain itu perluh diperhatikan peralatan kesehatan telah melalui proses dekontaminasi, pencucian dan disinfeksi dengan baik dan benar. Limbah di pilih dan dikelolah sesuai peraturan, hindari kontak dengan darah dan cairan tubuh lainnya, cuci tangan segerah setelah menangani pasien dan benda yang tercemar. Semua perawat atau tim medis harus memahami dan menerapkan KU bagi semua pasien. Setiap saat dan dimana saja tanpa memandang status infeksi pasien (Nasronudin, 2007)

Rumah sakit Dr. Wahidin sudirohusodo Makassar merupakan Rumah sakit pusat rujukan yang mempunyai misi “menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna, berkualitas dan terjangkau” dan merupakan Rumah sakit pendidikan type A, Oleh karena rumah sakit Dr.WS merupakan pusat rujukan maka rumah sakit Dr.WS telah meningatkan kewaspadaan terhadap penyakit-penyakit infeksi menular. sehingga pada tahun 2007 Direktur rumah sakit DR. Wahidin Sudirohusodo telah membentuk Tim pengendali penyakit infeksi,untuk mencegah terjadinya infeksi nosokomial baik terhadap pasien maupun kepada petugas kesehatan. Di IRD rumah sakit Dr. wahidin sudirohusodo Makassar ini pun tenaga perawat merupakan tenaga terbanyak di antara tenaga kesehatan lainya,yaitu berjumlah 54 orang. Sehubungan dengan semakian banyaknya penyakt infeksi saat ini, maka pencegahan penularan ke tenaga perawat melalui penerapan standar pencegahan umum sangatlah penting.

Rumah sakit di Indonesia belum semua mempunyai prosedur tetap (protap) khusus tentang kewaspadaan universal, termasuk RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, walaupun sejak tahun 2007 telah terbentuk tim pengendali penyakit infeksi (PPI) tetapi sampai saat ini belum ada prosedur tetap khusus tentang kewaspadaan universal di tiap-tiap ruangan. Yang menjadi pedoman bagi perawat dalam menerapkan tindakan kewaspadaan universal.


Password: hzYbFQnH

Artikel Terkait

Download Skripsi Kesehatan Gratis(Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Perawat)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email