Tuesday, September 17, 2013

Download Skripsi Informatika Gratis(Rancangan Bangun Data Bank)

Download Skripsi Informatika Gratis(Rancangan Bangun Data Bank)

Di setiap instansi pendidikan, baik formal maupun non-formal dan baik dulu maupun sekarang, pasti mengadakan kegitan untuk mengevaluasi hasil dari kegiatan belajar mengajar (KBM) selama periode waktu tertentu. Biasanya dalam suatu instansi pendidikan, dalam hal ini adalah STMIK Jakarta STI&K, terdapat lebih dari satu kegiatan evaluasi belajar, yang di antaranya adalah kuis, Ujian Tengah Semester (UTS) dan terakhir Ujian Akhir Semester (UAS). Ketiga jenis ujian ini bukanlah suatu keharusan atau ketetapan, karena tergantung dari keadaan dan kebijakan sekolah atau kampus yang bersangkutan maka kegiatan ini bisa saja berbeda-beda dalam hal jumlah ujian maupun waktu pelaksanaannya.

Di STMIK Jakarta STI&K, proses pembuatan soal untuk ujian dilakukan oleh para dosen berdasarkan mata kuliah yang diujikan. Biasanya sebagian dari dosen-dosen memiliki kumpulan soal sendiri yang isinya adalah soal-soal ujian yang pernah dibuat. Sayangnya kumpulan soal tersebut tidak tertata dengan baik karena berbentuk file-file independen yang terpisah-pisah dalam format dokumen Word atau format lainnya, sehingga menyebabkan penyusunan soal pun akan menjadi lebih rumit dan memakan waktu. Selain menggunakan kumpulan soal tersebut, tidak jarang pula para dosen tersebut harus mengetik soal untuk ujian dan itu dilakukan setiap menjelang waktu ujian yang mengakibatkan dosen-dosen akan merasa jenuh serta malas. Dan apabila mereka melakukan pengetikan soal ketika mendekati waktu ujian, maka bukan hal yang tidak mungkin akan menghambat kegiatan ujian itu sendiri.

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai perantara antara komputer dengan dengan penggunanya dengan memberikan interface yang mudah dan menarik agar memudahkan penggunanya menggunakan komputer tersebut. Karena sebenarnya komputer hanya membaca masukkan berupa angka 1 dan 0 atau yang disebut juga angka biner. Aplikasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menolong manusia dalam tugas-tugas tertentu, tergantung dari alasan kenapa aplikasi itu dibuat. Utiliti adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk merawat (maintenance) komputer, seperti membuang file-file yang sudah tidak terpakai, menghapus registry yang sudah tidak memiliki hubungan dengan software yang ada di komputer, dan lain sebagainya.

Dasar data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu koponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database system. Sistem dasar data (database system) adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuat tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam dalam suatu organisasi.

ERD adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan (dalam DFD). ERD digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data. Dengan ERD, model dapat diuji dengan mengabaikan proses yang dilakukan.Dalam ERD hubungan (relasi) dapat terdiri dari sejumlah entitas yang disebut dengan derajad relasi. Derajad relasi maksimum disebut dengan kardinalitas sedangkan derajad minimum disebut dengan modalitas. Jadi kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas lain.


Password: JN2kpbcC

Artikel Terkait

Download Skripsi Informatika Gratis(Rancangan Bangun Data Bank)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email