Download Skripsi Administrasi Perkantoran(Pengelolaan Surat Menyurat)
Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang digunakan untuk mengadakan komunikasi secara tertulis. Surat dengan segala kelebihannya yang dimiliki ternyata masih tetap digunakan dalam aktifitas sehari-hari dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik itu dalam komunikasi biasa maupun juga dalam kegiatan bisnis, dinas atau juga perkantoran. Menyadari betapa pentingnya peranan surat menyurat dalam suatu organisasi atau suatu instansi pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah surat sangat berpengaruh pada kegiatan pemerintahan. Oleh karena itu, di dalam pengelolaan surat diperlukan pegawai yang memiliki ketelitian, ketrampilan, kerapian, dan pengetahuan tentang pengelolaan surat menyurat.
Dalam penelitian ini akan mengkaji masalah : ( 1 ) Bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. ( 2 ) Sarana apa saja yang di gunakan pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah dalam pengelolaan surat menyurat. ( 3 ) Kendala – kendala apa yang terjadi pada pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, untuk mengetahui sarana apa saja yang di gunakan dalam pengelolaan surat menyurat, dan kendala – kendala apa yang dihadapi pada pengelolaan surat masuk dan surat keluar.
Lokasi penelitian pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. Obyek kajian pada penelitian ini adalah Pengelolaan Surat Menyurat Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif.
Pengelolaan surat menyurat mengunakan sistem kartu kendali. Sarana yang digunakan meliputi buku nomor urut, map odner, map snelhecter, filling cabinet, lemari catalog, kartu kendali, lembar disposisi. Kendala yang dihadapi meliputi biaya / dana dalam pengurusan surat menyurat, tingkat pendidikan dari petugas.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Pengelolaan Surat Masuk diawali dengan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian. Pengelolaan Surat Keluar diawali dengan Pembuatan konsep, persetujuan konsep, pengetikan, penandatanganan, pencatatan, pemberian cap Dinas, penyampulan, pengiriman, penyimpanan. Sarana yang digunakan meliputi buku nomor urut, map odner, map snelhecter, filling cabinet, lemari catalog, kartu kendali, lembar disposisi. Kendala yang viidihadapi meliputi biaya / dana dalam pengurusan surat menyurat, tingkat pendidikan dari petugas.
Demi tercapai dan tertibnya persuratan pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Penulis memberikan saran antara lain : dengan Pengelolaan Surat Menyurat yang begitu banyaknya tahapan diharapkan petugas – petugas pengelolaan surat menyurat lebih teliti dalam mengolah surat supaya tidak terjadi kesalahan – kesalahan. Penambahan sarana dan prasarana untuk menunjang kearsipan sehingga kelancaran kerja dapat tercapai dengan baik. Mengingat pentingnya surat menyurat maka diperlukan peningkatan pelatihan kecermatan dalam pengelolaan surat sehingga dapat diharapkan tidak terjadi keterlambatan pengiriman.
Yulieta Rianingtyas
Silahkan Download Skripsi Administrasi Perkantoran(Pengelolaan Surat Menyurat) dilink berikut PENGELOLAAN SURAT MENYURAT PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA TENGAH
Download Skripsi Administrasi Perkantoran(Pengelolaan Surat Menyurat)
4/
5
Oleh
Unknown