Monday, March 31, 2014

Skripsi Psikologi Pendidikan (BIMBINGAN MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK MELALUI TEKNIK SELF AFFIRMATION)

Skripsi Psikologi Pendidikan (BIMBINGAN MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK MELALUI TEKNIK SELF AFFIRMATION)

Judul Skripsi:

BIMBINGAN MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI TEKNIK SELF AFFIRMATION

Abstrak:

Peserta didik yang mengalami kecemasan akademik memiliki pola pikir yang tidak logis. Pola pikir tersebut berpengaruh sangat kuat pada emosi yang akhirnya menghasilkan perilaku yang maladaptif. Tujuan penelitian mengetahui efektivitas teknik self affirmation dalam mereduksi kecemasan akademik. Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Analisis data statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Match Pairs Test. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Lab-School UPI Bandung Tahun Ajaran 2011/2012 dengan sampel delapan peserta didik pada kategori kecemasan akademik tinggi. Instrumenyang digunakan dalam penelitian adalah angket yang dikembangkan dari karakteristik kecemasan akademik Alan J. Ottens. Hasil penelitian: (1) kecemasan akademik peserta didik sebagian besar termasuk kategori sedang; (2) rancangan intervensi berfokus pada reduksi indikator kecemasan akademik; (3) teknik self affirmation efektif mereduksi kecemasan akademik. Kata kunci: kecemasan akademik; bimbingan belajar; teknik self affirmation; modifikasi pola pikir dan perilaku yang negatif; peserta didik. Students who experience academic anxiety have an illogical mindset. This mindset is a powerful influence one motions that ultimately result in maladaptive behavior. The purpose of research examines the effectiveness of self affirmation technique in reducing academic anxiety. The study used a pre-experimental method with one group pretest-posttest design. Analysis of data used was Wilcoxon Match Pairs Test. The study population were high school students of class 10th Lab-School UPI Bandung in Academic Year 2011/2012 with a sample ofeight studentsin thecategory ofhighacademicanxiety. The instruments usedin the study was a questionnaire that was developed from the characteristics of academic anxiety Alan J.Ottens. The results: (1) students’academic anxiety most include moderate category, (2) the design of interventions focused on the reduction of academic anxiety indicators, (3) self-affirmation technique effectively reduce academic anxiety. Keywords: academic anxiety; learning guidance; self-affirmation technique; modification patterns of thought and behavior that negatively; students.

Link Download:

[img]Text
S_PPB_0707220_Abstract.pdf 

Download (305Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PPB_0707220_Title.pdf 

    Download (187Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PPB_0707220_Table_of_Content.pdf 

      Download (191Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PPB_0707220_Chapter1.pdf 

        Download (328Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PPB_0707220_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (529Kb)
            [img]Text
            S_PPB_0707220_Chapter3.pdf 

            Download (484Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PPB_0707220_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (784Kb)
                [img]Text
                S_PPB_0707220_Chapter5.pdf 

                Download (177Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PPB_0707220_Bibliography.pdf 

                  Download (320Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PPB_0707220_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (172Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Psikologi Pendidikan (BIMBINGAN MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK MELALUI TEKNIK SELF AFFIRMATION)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email