Thursday, September 5, 2013

Download Skripsi Sastra Terlengkap (Struktur Naratif Novel)

Download Skripsi Sastra Terlengkap (Struktur Naratif Novel)

Prosa dalam pengertian karya sastra juga disebut fiksi (faction), teks naratif (narrative text) atau wacana naratif (narrative discource). Istilah fiksi dalam pengertian ini berarti cerita rekaan atau cerita khayalan. Hal itu disebabkan fiksi merupakan karya naratif yang isinya tidak menyaran pada kebenaran sejarah. Karya fiksi dengan demikian, menyaran pada suatu karya yang menceritakan sesuatu yang bersifat rekaan, khayalan, sesuatu yang tidak ada dan menjadi sungguh-sungguh sehingga ia tak perlu dicari kebenarannya pada dunia nyata.

Ada berbagai bentuk karya sastra, salah satunya yaitu novel. Novel dapat dikaji dari beberapa aspek, misalnya penokohan, isi, cerita, setting, alur, dan makna. Semua kajian itu dilakukan hanya untuk mengetahui sejauh mana karya sastra dinikmati oleh pembaca. Tanggapan membaca terhadap satu novel yang sama tentu akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat pemahaman dan daya imajinasi mereka, misal pada novel karya Wahyu Nur Hidayat yang berjudul . Metamorfosis Cinta yang selanjutnya disingkat NMC.

NMC karya Wahyu Nur Hidayat menggambarkan secara gamblang warna -warni kehidupan remaja. Novel ini bercerita tentang segi kehidupan remaja yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. NMC ini seolah menjadi secercah cahaya harapan di tengah himpitan sosial-ekonomi negeri ini. Penulisnya sangat apik dalam mengurai dan mendeskripsikan alur cerita dan tokoh. Narasi dialog terasa mengalir sehingga dapat membawa pembaca ke suatu dunia yang tanpa disadari bahwa itu dunia imajinasi. Novel ini bisa menjadi motivator kepada pembacanya untuk selalu berjuang pantang menyerah kepada keadaan.

NMC karya Wahyu Nur Hidayat dijadikan sebagai objek kajian dalam penelitian ini selain struktur naratif sebagai landasan penelitian yang utama, sementara unsur intrinsik akan menjadi pelengkap dalam menambah pemahaman pembaca akan maksud yang ingin disampaikan pengarang melalui karyanya. Penelitian mengenai struktur karya sastra pernah dilakukan oleh Ridwan Haryoko Putro dengan judul “Struktur Naratif “Cerital Dewi Tanjung Sedhayung”. Selain itu, penelitian yang menyangkut nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam karya sastra juga telah dilakukan sebelumnya oleh Ocviyanti Ahadah. dengan judul “Mengejar Matahari karya Titien Wattimena : tinjauan sosiologi sastra.


Password: xgFWkbCZ

Artikel Terkait

Download Skripsi Sastra Terlengkap (Struktur Naratif Novel)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email