Wednesday, October 23, 2013

Contoh Skripsi MPI(Studi Komparasi Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan agama Islam)

Contoh Skripsi MPI(Studi Komparasi Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan agama Islam)


Skripsi07.blogspot.com-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bentuk pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar 14 Semarang, (2) Persamaan dan perbedaan pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar.

Peneliti ini menggunakan Metode Kualitatif (Lapangan) dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif dan Komparasi. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan : (1) Observasi, yaitu pengamatan yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar, (2) Interview, yaitu untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar 14 Semarang pada dasarnya merupakan segala upaya yang dilakukan oleh guru bidang studi pendidikan agama Islam dan pengelola sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Oleh karena itu pengaruh sumber-sumber pendidikan yang potensial dan berkualitas sangat berpengaruh besar dalam mencapai tujuan pendidikan. Pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar 14 Semarang dalam pengembangannya bisa diukur dari sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan dari proses pelaksanaan manajemen kurikulum yang telah dilakukan terhadap perkembangan institusi dan prestasi akademik khususnya dibidang agama Islam. Hal ini terlihat jelas pada perkembangan siswa yang memiliki kemampuan (membaca dan menulis ayat al-Qur'an, bacaan salat, zikir, do'a-do'a harian, suratan pendek), selain itu siswa juga dalam kesehariannya mampu menegakkan pedoman perilaku Islami. Tentunya karena dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam terintegrasi dengan imtaq dan imtek. Dengan demikian manajemen kurikulum pendidikan agama Islam relevan untuk diterapkan guna mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar 14 Semarang pada khususnya dan sekolah lainnya pada umumnya, 2) Pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar 14 Semarang tentunya terdapat persamaan dan perbedaan. Dari persamaan dan perbedaan tersebut dapat memicu peningkatan kualitas pendidikan khususnya pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan kemajuan iptek dan imtaq. Dari situ maka muncul asumsi-asumsi dari masyarakat bahwa hasil pendidikan agama Islam di SMP Nasima dan SMP Al Azhar 14 Semarang tidak hanya terbatas pada hubungan formalitas manusia dengan Tuhannya. Hal ini dikarenakan penggunaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam secara teratur.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para mahasiswa, tenaga pendidik, peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, baik sebagai bahan reverensi, rujukan, terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi agar lebih berprestasi.




Artikel Terkait

Contoh Skripsi MPI(Studi Komparasi Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan agama Islam)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email