Tuesday, November 5, 2013

Contoh Skripsi Pendidikan BIologi(Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan)

Contoh Skripsi Pendidikan BIologi(Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan)

Kelas imersi umumnya dikenal sebagai kelas unggulan sebab para siswa kelas tersebut sebelumnya telah lulus tes. Upaya tersebut diharapkan dapat memacu kualifikasi siswa regular secara umum dan siswa kelas imersi pada khususnya. Harapan lain terhadap kelas imersi adalah untuk meningkatkan penguasaan serta daya saing secara internasional tentang ilmu sains dalam bahasa inggris sebagai ilmu dasar perkembangan teknologi.

Dalam pelaksanaan program kelas imersi ini tentu ditemui kendala-kendala seperti fakta empiris yang selama ini terungkap melalui media cetak dan telah menjadi opini masyarakat bahwa kesiapan kelas imersi masih dipertanyakan mengingat di Indonesia program kelas imersi ini masih tergolong baru. Kesiapan tersebut meliputi : (a) bahan ajar; (b) bahan penunjang pembelajaran; (c) tenaga pengajar khususnya dalam penggunaan bahasa inggris dan (d) supporting system sekolah termasuk pola rekruitmen siswa yang berpengaruh pada kesiapan siswa mengikuti pembelajaran kelas imersi sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap hasil belajar dan pemahaman materi pelajaran.

Berdasarkan hal tersebut perlu dikaji lebih mendalam pelaksanaan program kelas imersi di sekolah percontohan. Karena dengan mengingat bahwa sekolah -sekolah percontohan merupakan sekolah unggulan yang dirasa siap, sehingga memungkinkan pelaksanaannya berjalan efektif sesuai yang direncanakan, sehingga nantinya dari hasil kajian diharapkan dapat memberi gambaran keberhasilan pelaksanaan program ini jika diterapkan menyeluruh di Indonesia, dan dapat memberi masukan untuk memperbaiki kekurangannya.

Dalam penelitian ini pengamatan proses pembelajaran dilakukan pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Telah diketahui bahwa masalah pencemaran lingkungan merupakan masalah umum mencakup seluruh golongan masyarakat, maka dengan pencapaian pembelajaran efektif pada pokok bahasan ini diharapkan pemahaman tentang masalah-masalah yang ada di lingkungan, baik penyebab maupun dampaknya terhadap lingkungan tertanam pada diri siswa sehingga timbul kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pendekatan atau metode pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu aspek utama dalam pengamatan penelitian ini karena terkait dengan aktivitas belajar sebagai salah satu variabelnya.

Pendekatan ataupun metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru pada pokok bahasan pencemaran lingkungan antara lain menggunakan kajian pustaka, pendekatan kontekstual, penggunaan media VCD/gambar, konstruktivisme, media chart, identifikasi langsung, penugasan, observasi dan penggunaan berbagai artikel dari berbagai media. Dalam proses pembelajaran ini juga diperlukan berbagai buku-buku penunjang dan alat/bahan lain yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Sistem penilaian yang dapat dilakukan oleh guru yaitu bersumber pada pertanyaan lisan, ulangan blok, kerja kelompok, ulangan harian, kuis, penugasan individu/kelompok dan responsi.


password: HOgwMIVV

Artikel Terkait

Contoh Skripsi Pendidikan BIologi(Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email