Wednesday, October 23, 2013

Contoh Skripsi Manajemen Pendidikan Islam(Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah)

Contoh Skripsi Manajemen Pendidikan Islam(Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah)

Skripsi07.blogspot.com-Salah satu masalah pendidikan yang kita hadapi dewasa ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan khususnya pendidikan dasar dan menengah. Dalam bidang pendidikan, khususnya bidang studi pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah mendapat porsi yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Hal ini akan lebih baik jika waktu yang sedikit tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya secara efektif dan efesien. Pagi hari peserta didik mendalami ilmu pengetahuan di sekolah-sekolah formal, sedangkan pada sore hari dapat mendalami ilmu-ilmu agama di Musholla, Taman Pendidikan Al-QurÂ’an, Pesantren kilat, pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan Islam lainnya.
Melihat pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah tersebut masih sangat kurang, berbagai usaha telah dilakukan berkaitan dengan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) antara lain, melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru agama Islam, penyediaan dan perbaikan sarana/prasarana pendidikan dan ibadah serta peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang merata. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota, menunjukkan peningkatan mutu yang cukup menggembirakan, namun Sebagian lainnya masih memprihatinkan. 
Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan, salah satunya yang sekarang sedang dikembangkan adalah reorientasi penyelenggaraan pendidikan, melalui manajemen berbasis sekolah (School Based Management), terutama dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI)
Penelitian ini bertujuan mengungkap lebih mendalam tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di bidang pendidikan agama Islam (PAI). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 31 Semarang dalam bidang studi pendidikan agama Islam (PAI (2) mengetahui model manajemen berbasis sekolah dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 31 Semarang; (3) mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 31 Semarang.
Fokus penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 31 Semarang; (2) Bagaimana Model Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 31 Semarang? (3) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 31 Semarang?
Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik yang dipergunakan untuk mengumpulkan data berupa: wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis dan pengolahan data dilakukan dengan cara: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) mengambil simpulan atau verifikasi. Untuk mendapatkan data yang valid, dilakukan triangulasi data dan metode. Artinya data yang sama diungkap dari berbagai sumber dan metode yang berbeda-beda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala SMP Negeri 31 Semarang, merupakan kepala sekolah yang berpengalaman dan sudah cukup tua usianya, telah memperoleh pelatihan tentang manajemen berbasis sekolah (MBS) di bidang pendidikan agama Islam (PAI, memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya menerapkan manajemen berbasis sekolah di sekolahnya. Disamping memiliki komitmen yang tinggi, kepala SMP Negeri 31 Semarang juga memiliki kepemimpinan yang memiliki ciri dan peran sebagai stimulator, motivator, fasilitator, inovator maupun komunikator yang sangat penting dalam rangka menerapkan manajemen berbasis sekolah dalam bidang PAI di sekolahnya. Peran kepala sekolah mulai dari sosialisasi MBS dalam bidang PAI, penyusunan visi, misi dan tujuan sekolah, penyusunan program tahunan sekolah maupun penyusunan RAPBS, pelaksanaan program sekolah hingga evaluasi program. 
(2) Dari segi pelaksanaan, pada tahap ini lebih banyak berkaitan dengan aktivitas masing-masing personil sistem manajemen mutu. Artinya bagaimana pemahaman tugas, unjuk kerja, kerjasama diantara unsur yang ada dan peran atasan dalam membina dan membangkitkan semangat bawahan khususnya dalam bidang PAI. Secara konseptual, masing-masing bidang dan personil belum memahami tugas dan tanggung jawabnya, dan didalam pelaksanaannya kurang adanya kerja sama yang baik. Masing-masing bidang dan personil sering kali bekerja sendiri-sendiri.
(3) Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah, dan dalam upaya menerapkan MBS dalam bidang pendidikan agama Islam (PAI) di sekolahnya, kepala sekolah telah menerapakan beberapa prinsip yang disarankan dalam MBS antara lain: sistem delegasi, sistem participatory dan pemberdayaan potensi yang ada.


Download Image

Artikel Terkait

Contoh Skripsi Manajemen Pendidikan Islam(Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

April 5, 2017 at 8:25 PM delete

suatu kepuasan tersendiri.... thanks dah berkunjung

Reply
avatar