Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGGUNAAN MEDIA E-COMIC)

Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGGUNAAN MEDIA E-COMIC)

Judul Skripsi:

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-COMIC TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI :Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandung

Abstrak:

Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, yaitu “Bagaimana Efektivitas Penggunaan E-Comic dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Secara lebih rinci rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari (1) Bagaimana efektivitas penggunaan media e-comic terhadap hasil belajar aspek pengetahuan (C1) siswa pada mata pelajaran TIK Bab mengenal operasi dasar komputer. (2)Bagaimana efektivitas penggunaan media E-Comic terhadap hasil belajar aspek pemahaman (C2) siswa pada mata pelajaran TIK Bab mengenal operasi dasar komputer. (3) Bagaimana efektivitas penggunaan media e-comic terhadap hasil belajar aspek pengaplikasian (C3) siswa pada mata pelajaran TIK Bab mengenal operasi dasar komputer. (4) Bagaimana efektivitas penggunaan media e-comic terhadap hasil belajar aspek analisis (C4) siswa pada mata pelajaran TIK Bab mengenal operasi dasar komputer.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain One Group Time Series Desain. Dimana hanya menggunakan satu kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Sampling.Simpulan umum yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media e-comic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama.Simpulan lebih khusus dari penelitian ini dijabarkan sebagai berikut: (1) penggunaan media e-comic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek mengetahui (C1) pada mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama. (2) penggunaan media e-comic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek memahami (C2) pada mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama. (3) penggunaan media e-comic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek mengaplikasikan (C3) pada mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama. (4) penggunaan media e-comic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek menganalisis (C4) pada mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama.Dengan rata-rata skor pretest 4.83 postes 7.25 pada seri 1, skor pretest 5.47 postes 7.44 pada seri 2, dan skor pretest 6.08 postes 8.33 pada seri 3. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Comic, Hasil Belajar Siswa. This research answers the research problems that have been formulated, namely “How to Effectiveness of Using E-Comic in Improving Student outcomes”. In more detail The research question of the research are (1) How to effectiveness of using media e-comic in knowing aspect (C1) of student on ICT subjects Chapter familiar with basic computer operations. (2) How to effectiveness of using media e-comic in understanding aspect (C2) of student on ICT subjects Chapter familiar with basic computer operations. (3) How to effectiveness of using media e-comic in applying aspect (C3) of student on ICT subjects Chapter familiar with basic computer operations. (4) How to effectiveness of using media e-comic in knowing aspect (C1) of student on ICT subjects Chapter familiar with basic computer operations.The research used quasi-experimental by research design is one group time series design. Where only use one experimental class. The instrument used in the form of objective tests. Sampling technique with Cluster Sampling.General conclusions obtained from this research is the use of e-comic media effectively to increase student learning outcomes in ICT subjects in secondary school.More specific conclusions from this study are translated as follows: (1) the use of e-comic media effectively to increase student learning outcomes aspects of knowing (C1) in ICT subjects in secondary school. (2) the use of e-comic media effectively to increase student learning outcomes to understand aspects of (C2) in ICT subjects in secondary school. (3) the use of e-comic media effectively to increase student learning outcomes aspects of applying (C3) in ICT subjects in secondary school. (4) the use of e-comic media effectively to increase student learning outcomes analyzed aspects (C4) in ICT subjects in secondary school. With an average score of 4.83 pretest posttest 7.25 in series 1, scores pretest posttest 5.47 7.44 in series 2, 6.08 pretest and posttest scores 8.33 on the 3 series. Keywords: Learning Media, E-Comic, Student Learning Outcomes. 

Link Download:

[img]Text
S_KTP_0806248_Title.pdf 

Download (395Kb) | Preview
    [img]Text
    S_KTP_0806248_Abstract.pdf 

    Download (250Kb) | Preview
      [img]Text
      S_KTP_0806248_Table_of_Content.pdf 

      Download (242Kb) | Preview
        [img]Text
        S_KTP_0806248_Chapter1.pdf 

        Download (417Kb) | Preview
          [img]Text
          S_KTP_0806248_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (675Kb)
            [img]Text
            S_KTP_0806248_Chapter3.pdf 

            Download (586Kb) | Preview
              [img]Text
              S_KTP_0806248_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (1067Kb)
                [img]Text
                S_KTP_0806248_Chapter5.pdf 

                Download (186Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_KTP_0806248_Bibliography.pdf 

                  Download (325Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_KTP_0806248_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (452Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGGUNAAN MEDIA E-COMIC)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email