Skripsi Teknologi Pendidikan (PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
Judul Skripsi:
PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI : Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 40 Kota BandungAbstrak:
Aby Dzar (0806922), ”Perbandingan Penerapan Model Collaborative Learning dengan Model Student Teams Achievement Division Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 40 Kota Bandung).”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penerapan model collaborative learning dengan model student teams achievement division pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa, guna menunjang pembelajaran.
Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, yaitu “Apakah Terdapat Perbedaan Hasil Belajar yang Signifikan Antara Siswa yang Menggunakan Model Collaborative Learning dengan Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 40 Kota Bandung ?. Secara lebih rinci rumusan masalah terdiri dari tigas aspek yang menjadi fokus peneliti yaitu Apakah Terdapat Perbedaan Hasil Belajar yang Signifikan Antara Siswa yang Menggunakan Model Collaborative Learning dengan Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada aspek mengingat (C1), memahami (C2), dan menerapkan (C3) dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 40 Kota Bandung ?.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalahpretest and posttest control group design, menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan merupakan tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 40 Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, ternyata secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model collaborative learning dengan siswa yang menggunakan model STAD. Untuk per aspek, baik pada aspek mengingat, memahami, dan menerapkan, penggunaan model collaborative learning dapat meberikan hasil yang lebih signifikan daripada penggunaan model STAD.
Keyword : Collaborative Learning, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar.
Aby Dzar (0806922), "Comparative Application of Collaborative Learning Model to Model Student Teams Achievement Division Against Improved Student Learning Outcomes In Subjects Information and Communication Technology (Quasi-Experiments Against Students Class VIII SMP 40 Bandung)."
The purpose of this study was to compare the implementation of collaborative learning models with models of student achievement division teams in the Subject Information and Communication Technologies for improving student learning outcomes, in order to support learning.
This study answers the research problems that have been formulated, namely "Is There a Significant Difference Between Learning Outcomes Students Using Collaborative Learning Model to Student Learning Model Using Student Teams Achievement Division (STAD) in Subjects Information and Communication Technology in SMP 40 Bandung ?. In more detail the problem formulation consists of tigas aspects are the focus of researchers is Is There Significant Differences Between Learning Outcomes Students Using Collaborative Learning Model to Student Learning Model Using Student Teams Achievement Division (STAD) on a given aspect (C1), understanding ( C2), and applying (C3) in Subjects Information and Communication Technology in SMP 40 Bandung?.
This study uses a quasi-experimental methods. Design used in this study is a pretest and posttest control group design, using the experimental class and the control class. Instrument used an objective test. The population in this study were all students of class VIII SMP 40 Bandung. Sampling technique with cluster sampling technique.
Based on the results obtained, it can generally be concluded that there are significant differences in learning outcomes between students who use the model of collaborative learning by students using STAD model. For per aspect, considering both aspects, understand, and apply, the use of collaborative learning models can not give more significant results than the use of STAD model.
Keywords: Collaborative Learning, Student Teams Achievement Division, Learning Outcomes.
Link Download:
Text S_KTP_0806922_TITLE.pdf Download (231Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_ABSTRACT.pdf Download (231Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_TABLE OF CONTENT.pdf Download (286Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_CHAPTER1.pdf Download (305Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_CHAPTER2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (546Kb) | |
Text S_KTP_0806922_CHAPTER3.pdf Download (547Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_CHAPTER4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (639Kb) | |
Text S_KTP_0806922_CHAPTER5.pdf Download (233Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_BIBLIOGRAPHY.pdf Download (180Kb) | Preview | |
Text S_KTP_0806922_APPENDIX.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (287Kb) |
Skripsi Teknologi Pendidikan (PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
4/
5
Oleh
Oe'