Sunday, March 30, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM NOVEL B-JELL CHEERS)

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM NOVEL B-JELL CHEERS)

Judul Skripsi:

REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM NOVEL B-JELL CHEERS KARYA THALIA SALSABILLA

Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan sastra anak yang semakin berkembang pada masa sekarang dan kurang didukung penelitian akademisi mengenai sastra anak serta belum adanya penelitian mengenai telaah representasi budaya populer terhadap cerita anak dalam novel. Karya-karya sastra (novel) Kecil-Kecil Punya Karya terbitan Dar! Mizan pada umumnya memiliki tampilan, pilihan topik dan kemasan yang jika dilihat secara sekilas mempunyai kesamaan (homogen). Semua selalu berkutat dengan gambaran budaya populer. Hal ini dirasa menarik oleh penulis untuk dijadikan sebuah penelitian sastra. Oleh karena itu, permasalahan yang ingin dipaparkan sekaligus dibahas dalam penelitian ini oleh penulis, yaitu bagaimanakah struktur novel B-Jell Cheers karya Thalia Salsabilla dan bagaimana representasi budaya populer dalam novel anak B-Jell Cheers tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran struktur novel, sekaligus memaparkan representasi budaya populer yang tampak dalam karya sastra anak (novel) yang berjudul B-Jell Cheers karya Thalia Salsabilla. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui struktur novel sekaligus representasi budaya populer dalam novel B-Jell Cheers. Kemudian, melalui pendekatan sosiologi sastra penulis berusaha untuk mengetengahkan seperti apa representasi budaya populer yang terlihat dalam novel yang berjudul B-Jell Cheers tersebut. Produk-produk yang kita kenal di era sekarang telah mengantarkan penulis dalam penelitian ini untuk memaparkan representasi dari budaya populer yang terjadi pada sisi lingkungan-sosial anak-anak. Repersentasi budaya populer itu ternyata bisa terlihat pada novel ini melalui keragaman produk budaya masyarakat yang ada, contohnya: produk elektronik, makanan, dan berbahasa. Di sini, hal itu bisa tercermin dalam novel anak tidak lain sebagai bagian potret kehidupan lingkungan sosial anak-anak saat ini. Semua itu didukung pula oleh sarana dan fakta cerita dalam novel B-Jell Cheers ini sebagai sebuah struktur yang bisa mengarahkan penulis pada macam-macam representasi bentuk budaya populer dalam novel anak karya Thalia Salsabila tersebut.    

Link Download:

[img]Text
S_IND_0608405_Title.pdf 

Download (238Kb) | Preview
    [img]Text
    S_IND_0608405_Abstract.pdf 

    Download (75Kb) | Preview
      [img]Text
      S_IND_0608405_Table of Content.pdf 

      Download (78Kb) | Preview
        [img]Text
        S_IND_0608405_Chapter1.pdf 

        Download (237Kb) | Preview
          [img]Text
          S_IND_0608405_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (252Kb)
            [img]Text
            S_IND_0608405_Chapter3.pdf 

            Download (649Kb) | Preview
              [img]Text
              S_IND_0608405_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (587Kb)
                [img]Text
                S_IND_0608405_Chapter5.pdf 

                Download (153Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_IND_0608405_Bibliography.pdf 

                  Download (231Kb) | Preview

                  Artikel Terkait

                  Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM NOVEL B-JELL CHEERS)
                  4/ 5
                  Oleh

                  Berlangganan

                  Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email