Sunday, March 30, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN ANIMASI)

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN ANIMASI)

Judul Skripsi:

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN ANIMASI LAYANAN MASYARAKAT

Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa kelas X-2 SMA PGRI 1 Bandung dalam pembelajaran menulis. Selain itu, (1) siswa kurang latihan dalam menulis, (2) siswa mengalami kebingungan untuk menentukan topik, gagasan utama, atau kalimat pertama yang akan ditulis, (3) kurangnya penguasaan keterampilan berbahasa, seperti penggunaan tanda baca, kaidah-kaidah penulisan, penggunaan kelompok kata, penyusunan klausa, struktur kalimat yang benar, dan (4) metode atau media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan:(1) bagaimana bentuk perencanaan rancangan pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media iklan animasi layanan masyarakat, (2) bagaimana bentuk pelaksanaan pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media iklan animasi layanan masyarakat, dan (3) bagaimana hasil pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media iklan animasi layanan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). Melalui metode penelitian tindakan kelas ini, peneliti dapat langsung mendeteksi dan memecahkan masalah yang dihadapi para siswa dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di kelas secara berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media iklan animasi layanan masyarakat mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Siklus satu tingkat kemampuan rata-rata siswa 53,0, sementara itu tingkat kemampuan siswa pada siklus kedua yaitu 67,8, sedangkan siklus ketiga yaitu 78,8. Oleh karena itu, penggunaan media iklan animasi layanan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi dan dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi.

Link Download:

[img]Text
S_IND_0706014_Title.pdf 

Download (372Kb) | Preview
    [img]Text
    S_IND_0706014_Abstract.pdf 

    Download (223Kb) | Preview
      [img]Text
      S_IND_0706014_Table_of_Content.pdf 

      Download (433Kb) | Preview
        [img]Text
        S_IND_0706014_Chapter1.pdf 

        Download (375Kb) | Preview
          [img]Text
          S_IND_0706014_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (521Kb)
            [img]Text
            S_IND_0706014_Chapter3.pdf 

            Download (536Kb) | Preview
              [img]Text
              S_IND_0706014_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (1262Kb)
                [img]Text
                S_IND_0706014_Chapter5.pdf 

                Download (304Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_IND_0706014_Bibilography.pdf 

                  Download (301Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_IND_0706014_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (543Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN ANIMASI)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email