Saturday, March 29, 2014

Download Skripsi PGSD Gratis (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT)

Download Skripsi PGSD Gratis (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT)

Judul Skripsi:

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD PASUNDAN 2 KOTA BANDUNG: Penelitian Tindakan Kelas Kelas 4 SD Pasundan 2 Kota Bandung

Abstrak:

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Adapun yang menjadi permasalahan dilapangan pada saat ini khususnya di kelas IV SD Pasundan 2 Kota Bandung kecenderungan bahwa pemahaman siswa terhadap penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih kurang. Hal ini terbukti dari masih banyaknya siswa yang mendapat nilai rendah terutama pada pembelajaran tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar peserta didik pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 7,52 dengan kategori terampil, hal ini menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan siklus 1 yang mencapai rata-rata 5,09 dan berada pada kategori kurang terampil, pelaksanaan siklus 1 dan 2 menunjukkan kemampuan peserta didik yang mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik. Kesimpulannya bahwa kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan yaitu dengan memperoleh nilai rata-rata 8,6. Hasil ketuntasan belajar siswa pun meningkat dari siklus I dengan nilai 21,2 % menjadi 100% di siklus II. Namun ada beberapa saran atau rekomendasi yang harus diperhatikan bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika, perlu mempelajari teori dan langkah pembelajarannya sehingga diperoleh hasil yang memuaskan. Kata kunci : model pembelajaran, model kooperatif, tipe STAD, penelitian tindakan kelas, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Mathematics is a universal science underlying modern technology, have an important role in various disciplines and advance human thinking. As for the problems in the field at this time, especially in the fourth grade Pasundan 2 Bandung tendency that students' understanding of addition and subtraction of integers is still lacking. This is evident from the number of students who scored particularly low on the learning. The purpose of this study was to determine the planning, execution, and learning outcomes of students in the addition and subtraction of integers using STAD cooperative learning model. The method used in this study is action research (PTK) is the study of a social situation with a view to improving the quality of action in it. The results showed that the ability of learners showed improvement with an average value of 7.52 with skilled category, it shows improvement compared to the first cycle which reached an average of 5.09 and is in the category of less skilled, execution cycles 1 and 2 show ability learners are progressing towards a better. The conclusion that the ability of learners showed an increase that is by obtaining an average value of 8.6. Results mastery learning students also increased from the first cycle with a value of 21.2% to 100% in the second cycle. However, there are some suggestions, or recommendations should be considered for teachers who want to use STAD cooperative learning model in mathematics, need to learn the theory and the learning step in order to obtain satisfactory results. Key words : learning model, cooperative model, STAD, research class action, addition and subtraction of integers.

Link Download:

[img]Text
S_PGSD_1008328_Title.pdf 

Download (285Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PGSD_1008328_Abstract.pdf 

    Download (191Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PGSD_1008328_Table_of_Content.pdf 

      Download (199Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PGSD_1008328_Chapter1.pdf 

        Download (236Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PGSD_1008328_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (454Kb) | Request a copy
            [img]Text
            S_PGSD_1008328_Chapter3.pdf 

            Download (328Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PGSD_1008328_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (649Kb) | Request a copy
                [img]Text
                S_PGSD_1008328_Chapter5.pdf 

                Download (195Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PGSD_1008328_Bibilography.pdf 

                  Download (195Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PGSD_1008328_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (486Kb) | Request a copy

                      Artikel Terkait

                      Download Skripsi PGSD Gratis (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT)
                      4/ 5
                      Oleh

                      Berlangganan

                      Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email