Download Skripsi PAUD (MENGENAL LAMBANG BILANGAN DENGAN MEDIA PERMAINAN KARAMBOL)
Judul Skripsi:
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KARAMBOL : Penelitian Tindakan Kelas di PAUD WISANA Kelompok A Jl. Cidadap Girang No. 8 RT/RW 06/05 Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap Kota BandungAbstrak:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berkaitan dengan kemampuan mengenal lambang bilangan di Paud Wisana mengenai kemampuan mengurutkan, menyebutkan, menunjukkan, menghubungkan, dan menuliskan. Permasalahan tersebut menuntut perlunya suatu pendekatan, metode, atau media pembelajaran untuk menanganinya. Pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran melalui media permainan karambol. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana kondisi objektif kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A Paud Wisana? (2) Bagaimana pengunaan media permainan karambol dalam meningkatkan kemampuan pada anak kelompok A Paud Wisana? (3) Bagaimana peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak setelah penerapan media permainan karambol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian John Elliot dengan langkah (1) perencanaan, (2)tindakan , (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumalah 11 anak terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan pelaksanaan beberapa tahapan diantaranya reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Kondisi awal pencapaian indikator kemampuan mengenal lambang bilangan di Paud Wisana belum terstimulasi secara maksimal, namun setelah penerapan media permainan karambol, pencapaian indikator kemampuan mengenal lambang bilangan mengalami peningkatan pada siklus III 83% berada pada kategori berkembang baik, 14% berada pada kategori cukup, dan 3% berada pada kategori kurang. Berdasarkan data tersebut, rekomendasi yang diberikan untuk pendidik anak usia dini yaitu media permainan karambol ini dapat dijadikan sebagai media permainan alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan.
Kata Kunci: Mengenal Lambang Bilangan, Media Permainan Karambol.
Link Download:
Text S_PAUD_0902887_Title.pdf Download (274Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Abstract.pdf Download (199Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Table_of_Content.pdf Download (285Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Chapter1.pdf Download (293Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (455Kb) | Request a copy | |
Text S_PAUD_0902887_Chapter3.pdf Download (350Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (1415Kb) | Request a copy | |
Text S_PAUD_0902887_Chapter5.pdf Download (268Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Bibliography.pdf Download (211Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_0902887_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (504Kb) | Request a copy |
Download Skripsi PAUD (MENGENAL LAMBANG BILANGAN DENGAN MEDIA PERMAINAN KARAMBOL)
4/
5
Oleh
Oe'