Download Skripsi Pendidikan Matematika(Analisis Pelaksanaan KTSP)
Skripsi ini membahas Analisis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Mata Pelajaran Matematika di MA Asy-syafiiyah Jatibarang- Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar penilaian pendidikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam mata pelajaran matematika dan kendala-kendala yang dialama guru dalam menerapkan KTSP di MA Asy-syafiiyah Jatibarang - Brebes. Kajiannya dilatar belakangi oleh masih banyaknya hasil belajar matematika peserta didik yang di bawah KKM di MA Asy-syafiiyah Jatibarang - Brebes dan terendah di daerah sekitarnya. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, angket, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk sekolah di MA Asy-syafiiyah sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket untuk Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang memperoleh skor 86 dari skor maksimal 88 atau sebesar 97,73% yang berarti pelaksanaan sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Sedangkan pelaksanaan KTSP tentang penilaian dalam mata pelajaran matematika di MA Asy-syafiiyah masih ada kendala. Kendala yang sangat dirasakan adalah keanekaragaman kemampuan peserta didik pada ranah kognitif, ranah psikomotorik, maupun ranah afektif. Berdasarkan hasil angket pelaksanaan standar penilaian yang disebarkan untuk guru dan peserta didik, diperoleh skor 85 dari skor maksimal 108 atau sebesar 78,7% untuk guru, sedangkan untuk peserta didik diperoleh skor 1464 dari skor maksimal 1760 atau sebesar 83,18%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk pelajaran matematika di MA Asy-syafiiyah Jatibarang sudah berjalan dengan baik. Meskipun hasil angket yang diperoleh berbeda antara guru dan peserta didik. Untuk standar penilaian yang masih Jarang dilakukan oleh guru matematika adalah Penilaian aspek psikomotor peserta didik, mendokumentasikan hasil penilaian, perencanaan dan pemilihan teknik penilaian saat menyusun silabus, menginformasikan silabus kepada siswa, dan pemberitahuan tentang prosedur dan pengambilan keputusan kepada siswa Berdasarkan studi dokumentasi dapat dilihat bahwa di dalam silabus tidak terdapat contoh instrumen untuk setiap kompetensi dasar. Dan jika dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hanya terdapat contoh instrumen penilaian dari aspek kognitif saja sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum dicantumkan. Jadi, berdasarkan hasil angket dan wawancara penilaian di MA asy-syafiiyah sudah berjalan dengan cukup baik meskipun ada sedikit kekurangan dalam RPP dan Silabus.
Silahka download dilink berikut:
(1647666 bytes)
Download Skripsi Pendidikan Matematika(Analisis Pelaksanaan KTSP)
4/
5
Oleh
dany