Tuesday, September 10, 2013

Download Contoh Skripsi Kimia Terlengkap(Peningkatan Motivasi Belajar Kimia)

Download Contoh Skripsi Kimia Terlengkap(Peningkatan Motivasi Belajar Kimia)

Kecenderungan sikap guru yang memberikan pembelajaran kimia dengan ceramah, mengajak siswa untuk membaca bahan ajar, menghafal mengakibatkan siswa cenderung merasa bosan, jengkel, dan tidak adanya kemauan dalam benak siswa untuk mendalaminya. Dalam suatu proses belajar mengajar guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamiskan potensi siswa, aktivitas, kreatifitas sehingga akan terjadi dinamika di dalam proses belajar mengajar dan memberikan fasilitas atau memudahkan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia, serta observasi di SMA Kesatrian 2 Semarang diketahui bahwa motivasi siswa untuk belajar kimia masih rendah. Hal tersebut berakibat pada rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa

Pembelajaran dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) adalah suatu pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu pendekatan pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan obyek nyata, sehingga selain mendidik, siswa juga dapat mempelajari pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi dan menumbuhkan entrepreneurship spirit.

Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian, nilai rata-rata motivasi belajar awal sebesar 69,24 dengan kriteria sedang 52,17% dan kriteria tinggi 47, 83% meningkat pada motivasi belajar akhir memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,78 dengan kriteria sedang 10,87%, kriteria tinggi 86,96% dan kriteria sangat tinggi 2,17%. Hasil belajar kognitif siklus I, memperoleh nilai rata-rata 64,67, pada siklus II 69,26 dan pada siklus III 71,44. Ketuntasan belajar yang dicapai pada siklus I 60,87% meningkat pada siklus II 78,26% dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III 84,785. Hasil belajar psikomotorik pertama, siswa secara klasikal yang mendapat kriteria kurang 2,17%, kriteria cukup 32,61% dan kriteria baik 65,22% dengan nilai rata-rata 70,92 meningkat pada psikomotorik kedua dengan kriteria cukup 6,52% dan kriteria baik 93,48% dengan niali rata-rata 77,31. Hasil entrepreneurship spirit siswa memperoleh nilai rata-rata 70,15 dengan kriteria rendah sebesar 4,35%, kriteria sedang sebesar 52,17%, kriteria tinggi sebesar 30,43%, kriteria sangat tinggi sebesar 13,04%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dapat meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik dan menumbuhkan entrepreneurship spirit siswa.

Oleh Nia Dwi Wahyuni Lestari

Artikel Terkait

Download Contoh Skripsi Kimia Terlengkap(Peningkatan Motivasi Belajar Kimia)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email