Monday, May 12, 2014

Download Skripsi Komputer (IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN PADA PERMAINAN DAMDAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX)

Download Skripsi Komputer (IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN PADA PERMAINAN DAMDAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX)

Judul Skripsi:

IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN PADA PERMAINAN DAMDAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX

Abstrak:

Sistem komputerisasi saat ini telah merambah di berbagai aspek dalam bagian kehidupan manusia. Permainan merupakan suatu sarana hiburan yang diminati oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Oleh karena itu perlu dibuat permainan dengan kecerdasan buatan supaya dapat mengikuti perkembangan teknologi. Ada banyak algoritma yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan, salah satunya adalah minimax. Minimax merupakan salah satu implementasi dari depth first search. Dimana dengan algoritma ini computer dapat mengambil keputusan terbaik untuk menyelesaikan masalah. Dalam kasus ini akan diangkat mengenai kecerdasan buatan untuk permainan damdaman. Damdaman merupakan permainan berbasis games board yang mengandalkan strategi dan ketelitian. Pada permainan ini minimax bekerja dengan bantuan pohon pencarian dan fungsi heuristik. Fungsi heuristik dan pohon pencarian menggunakan algoritma minimax untuk memberikan informasi kepada agen komputer. Pada skripsi ini, peneliti mencoba untuk menganalisa pokok-pokok bahasan tersebut dan menerapkannya pada prototype permainan damdaman. Sehingga membuat agen komputer lebih cerdas. Disamping itu, peneliti juga menganjurkan kepada pihak yang akan mengembangkan aplikasi ini lebih lanjut untuk dapat menambah fungsi heuristik dari permainan damdaman ini. Kata Kunci Damdaman, depth first search, kecerdasan buatan, minimax, fungsi heuristik, pohon pencarian, agen komputer. Computerized system currently has penetrated in various aspects of human life. Game is a means of entertainments preffered by many people , children , adolescent and adults. Therefore, there is a need to built a game with artificial intelligence to keep up with the technological development. There are many algorithms that can be used to implement the artificial intelligence, one of which is minimax. Minimax is one of the implementation of the depth first search. This algorithm can take the best decision to solve the problem. In this case, it will be appointed on artificial intelligence for damdaman game. Damdaman is a games board - based that relies on strategy and accuracy. In this game, minimax works with the help of tree search and heuristic function. Heuristic function and tree search use minimax algorithm to provide information to the computer agent. In this thesis, the researcher tried to analyze those main points of discussion and apply it to the prototype of damdaman game. Thereby making the computer agent more intelligent. In addition, researcher also advised to the parties who will develop this application further to add heuristic function from this damdaman game. Keywords Damdaman, depth first search, artificial intelligence, minimax, heuristic functions, tree search, computer agent.     

Link Download:

[img]Text
S_KOM_0608742_Title.pdf 

Download (414kB) | Preview
    [img]Text
    S_KOM_0608742_Abstract.pdf 

    Download (310kB) | Preview
      [img]Text
      S_KOM_0608742_Table_of_Content.pdf 

      Download (314kB) | Preview
        [img]Text
        S_KOM_0608742_Chapter1.pdf 

        Download (661kB) | Preview
          [img]Text
          S_KOM_0608742_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (467kB)
            [img]Text
            S_KOM_0608742_Chapter3.pdf 

            Download (340kB) | Preview
              [img]Text
              S_KOM_0608742_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (908kB)
                [img]Text
                S_KOM_0608742_Chapter5.pdf 

                Download (232kB) | Preview
                  [img]Text
                  S_KOM_0608742_Bibliography.pdf 

                  Download (350kB) | Preview
                    [img]Text
                    S_KOM_0608742_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (249kB)

                    Artikel Terkait

                    Download Skripsi Komputer (IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN PADA PERMAINAN DAMDAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email