Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (METODE AS SHAFF TERHADAP PENGUASAAN NAHWU)

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (METODE AS SHAFF TERHADAP PENGUASAAN NAHWU)

Judul Skripsi:

PENGARUH METODE AS SHAFF TERHADAP PENGUASAAN NAHWU SISWA : Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas 1 (Tsanawiyyah) Pesantren Persatuan Islam No.50 Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak:

Latarbelakang dari penelitian ini adalah ditemukanya kesulitan pada siswa dalam mempelajari nahwu, ditambah dengan pengalaman beberapa siswa yang menganggap bahwa pelajaran nahwu sangat sulit, terutama dalam mempraktekan kaidah-kaidah ilmu nahwu. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan solusi dari permasalahan di atas dengan menggunakan metode As Shaff dalam pembelajaran nahwu, metode As Shaff akan mempermudah dalam mempelajari nahwu. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode As Shaff terhadap kemampuan nahwu siswa. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan metode eksperimen kuasi, yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti memilih 50 orang siswa di kelas 1 Tsanawiyyah di Pesantren Persatuan Islam no.50 Lembang, Kabupaten Bandung Barat menjadi objek penelitian. Jumlah itu terbagi dalam dua kelas, 1B yang kemudian disebut kelas eksperimen dan 1A disebut kelas kontrol , masing-masing jumlahnya 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka di peroleh kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran nahwu menggunakan metode As Shaff menunjukan hasil yang baik dibandingkan dengan tidak menggunakan metode ini. Hal itu terbukti dengan kenaikan rata-rata pada kedua kelompok, pada pretest, kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata 44,64, sementara kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 42,4. Pada postes, kelompok eksperimen memiliki rata-rata 71,52, sementara kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 51,2. Dari data di atas, karena t hitung =4,493 > t tabel =2,011(pada taraf signifikansi 5%) atau t hitung =4,493 > t tabel =2,68 (pada taraf signifikansi 1%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikasn penggunaan metode As Shaff terhadap penguasaan nahwu siswa. This experiment is backgrounded by a finding and discovery which showing that students are facing difficulties in speaking Arabic especially the Nahwu knowledge. Plus with some students experience who consider that Nahwu studies is very hard for them, particularly when they are practising the rule or theorem of Nahwu knowledge. The aim of this experiment is to provide a solution to those problems with the As Shaff method in learning the Nahwu knowledge and also as a tool to facilitate and to train the students in reading the last Harakat in a sentence, and to find out is the method of As Saff work and take effect or not for the Nahwu knowledge ability. In the implementation, the researcher used the quasi experiment method, which implicate two classes, Experiment class and control class. The researcher chose 50 students from the 7th grade Tsanawiyyah students in Persatuan Islam Islamic boarding school number 50 Lembang, West Bandung regency being an experiment object. That number is divided into two classes, 1 b which is called Experiment class dan 1 a which is called Control class,so each of the class has 25 students. Based on the experiment that the researcher has done, then it is obtained as the following conclusions : Learning Nahwu that used the As Shaff method is showing a good revenues compare to the one that didn’t use the As Shaff method. It is proven by the increase of the average on both groups, on the pretest, The experiment group has an average score 44,64, meanwhile the Control group has an average score 42,4. On the posttest, the Experiment group has an average score 71,52, while the Control group has an average score 51,2. The Use of the As Shaff method is influential to the Students Nahwu mastery. Its proven from the Hypothesis test with 5% Significancy standard and 1% table t value 2,01 and 2,68 with t calculated value 4,493 or 2,01 < 4,493 > 2,68. So Ha = X1 ≠ X2 so Ho is rejected dan Ha is accepted so the use of As Shaff method takes effect for Students Nahwu mastery.

Link Download:

[img]Text
S_ARB_0906641_Title.pdf 

Download (571Kb) | Preview
    [img]Text
    S_ARB_0906641_Abstract.pdf 

    Download (352Kb) | Preview
      [img]Text
      S_ARB_0906641_Table_of_Content.pdf 

      Download (419Kb) | Preview
        [img]Text
        S_ARB_0906641_Chapter1.pdf 

        Download (675Kb) | Preview
          [img]Text
          S_ARB_0906641_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (795Kb)
            [img]Text
            S_ARB_0906641_Chapter3.pdf 

            Download (988Kb) | Preview
              [img]Text
              S_ARB_0906641_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (1257Kb)
                [img]Text
                S_ARB_0906641_Chapter5.pdf 

                Download (507Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_ARB_0906641_Bibilography.pdf 

                  Download (689Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_ARB_0906641_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (283Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (METODE AS SHAFF TERHADAP PENGUASAAN NAHWU)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email