Wednesday, April 2, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (PENGGUNAAN THARIQAH MUBASYIRAH DALAM PENGUASAAN KOSAKATA)

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (PENGGUNAAN THARIQAH MUBASYIRAH DALAM PENGUASAAN KOSAKATA)

Judul Skripsi:

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN THARIQAH MUBASYIRAH TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB: Studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI Madrasah Aliyah ‘Mathlaul Anwar’ Malingping Banten

Abstrak:

Kosakata merupakan salah satu unsur terpenting untuk menguasai sebuah bahasa. Dengan demikian kosakata mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mempelajari sebuah bahasa. Thoriqoh Mubasyiroh (Direct Methode) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam mempelajari bahasa Arab. tujuan penggunaaan Thoriqoh Mubasyiroh mampu meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penguasaan kosakata siswa sebelum diterapkan Thoriqoh Mubasyiroh? (2) Bagaimana penguasaan kosakata Siswa setelah diterapkan Thoriqoh Mubasyiroh? (3) Adakah efektivitas penggunaan Thoriqoh Mubasyiroh dalam meningkatkan penguasaan kosakata Siswa?. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design, Sampel penelitian siswa Madrasah Aliyah ‘Mathlaul Anwar’malingping Banten kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS sebagai kelas control. Instrument yang digunakan adalah Tes. Langkah awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah memberikan pretest kepada siswa. Selanjutnya peneliti memberikan treatment pada kelas eksperimen selama 3 kali. Setelah pemberian treatment maka peneliti memberikan posttest. Dari Hasil penelitian T-tes yang dilakukan terlihat nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 38 dan rata-rata kelas control adalah 67. Setelah dilakukkan uji t maka nilai yang diperoleh adalah 5,735. Kemudian dibandingkan dengan t table pada taraf signifikansi α=0.05 dengan derajat kebebasan/df=40, diperoleh t table 2,020. Maka t hitung > t table, jadi dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan control sebelum dilakukan perlakuan. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 84. Setelah dilakukan uji t, maka nilai t hitung yang diperoleh adalah 2,736. Kemudian dibandingkan dengan t table pada taraf signifikansi α=0.05 dengan derajat kebebasan/df=32, diperoleh t table 2,037 t hitung > t table, jadi dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. peningkatan nilai selisih rata-rata pada setiap kelas adalah, kelas eksperimen 0,6 ini termasuk pada peningkatan yang efektif (g) >0.30<0.70, sedangkan pada kelas control 0,2 ini termasuk peningkatan yang tidak efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Thariqah Mubasyirah efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dibandingkan dengan penggunaan metode pengajaran konvensional. Vocabulary is one of the most important elements to master a language. Thus, the vocabulary has a very important position in learning a language. Thariqah mubasyirah (Direct Method) is one of the ways that can be used in learning Arabic . This Expactation of the Thariqah mubasyirah usage can improve the students' vocabulary mastery in learning Arabic. The Formulation of the problem in this research they’re: (1) How did the students' vocabulary skill before they’re applied by Thariqah mubasyirah? (2) How did the students' vocabulary skill were applied by Thariqah mubasyirah? (3) Was there the effectiveness of Thariqah mubasyirah in improving students' vocabulary mastery?. In this research used both the quasi-experiment and the Non-equivalent control group design, that were using two classes for research samples. The first steps in this research was to provide the students with a pretest to determine the first ability of student’. After the pretest, the researcher provided a treatment in experimental class for 3 times. After that, the researcher gave the posttest to determine the last ability of the students’ . From the results looked that an average pretest experimental class was 38 and the average control class was 67. After the t test had done, the score obtained was 5.735. Then compared by the t table at the significance level α = 0.05 with the degrees of freedom / df = 40, the obtained t table 2.021. Then counted t > t table, so it could be concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. Then there were a differences in the ability of students at experimental calss and control class before and after the treatment were given. Whereas the average score of posttest experimental class 71 and 84 for the control class. After the t-test had done, the t score obtained was 2,867, then which compared by the t table at the significance level α = 0.05 level with degrees of freedom / df = 32, the obtained t table (695.1). Then counted t < t table, so it can be concluded Ho had accepted and Ha had rejected. So there is no the difference in the experimental class students' skills and control class before and after were given the treatment. However, there’s increasing in the average gain in each class, the experimental class was 0.6 includeed the increase in the effective (g)> 0:30 <0.70, while the control class 0.2 was included in the increase which less or ineffective. It could be concluded that the Thariqoh Mubasyiroh usage to increase students' mastery of vocabulary in Arabic more effectively than the use of the conventional teaching methods. Key Word : Direct Methode, vocabulary, elementary senior high school.

Link Download:

[img]Text
S_ARB_0902358_Title.pdf 

Download (330Kb) | Preview
    [img]Text
    S_ARB_0902358_Abstract.pdf 

    Download (310Kb) | Preview
      [img]Text
      S_ARB_0902358_Table of Content.pdf 

      Download (365Kb) | Preview
        [img]Text
        S_ARB_0902358_Chapter1.pdf 

        Download (421Kb) | Preview
          [img]Text
          S_ARB_0902358_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (465Kb)
            [img]Text
            S_ARB_0902358_Chapter3.pdf 

            Download (1078Kb) | Preview
              [img]Text
              S_ARB_0902358_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (669Kb)
                [img]Text
                S_ARB_0902358_Chapter5.pdf 

                Download (320Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_ARB_0902358_Bibliography.pdf 

                  Download (302Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_ARB_0902358_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (515Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (PENGGUNAAN THARIQAH MUBASYIRAH DALAM PENGUASAAN KOSAKATA)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email