Thursday, April 10, 2014

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD)

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD)

Judul Skripsi:

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DISIONS) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA

Abstrak:

Penelitian eksperimen ini dilatarbelakangi disatu pihak oleh adanya fakta bahwa hasil belajar fisika diberbagai aspeknya masih belum memuaskan. Dilain pihak adanya pengembangan model-model pembelajaran baru yang diharapkan dapat mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut. Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan penguasaan konsep fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan penguasaan konsep fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tradisional. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 38 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes penguasaan konsep dan lembar observasi aktivititas guru. Efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika diketahui dari perbandingan nilai gain yang dinormalisasi dan uji hipotesis data gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan rata-rata gain yang dinormalisasi kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih meningkatkan penguasaan konsep fisika dibanding penerapan model pembelajaran tradisional. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika dibanding penerapan model pembelajaran tradisional.

Link Download:

[img]Text
s_d0251_0605671_table_of_contents.pdf 

Download (242Kb) | Preview
    [img]Text
    s_d0251_0605671_chapter1.pdf 

    Download (262Kb) | Preview
      [img]Text
      s_d0251_0605671_chapter2.pdf
      Restricted to Staf Perpustakaan 

      Download (297Kb)
        [img]Text
        s_d0251_0605671_chapter3.pdf 

        Download (340Kb) | Preview
          [img]Text
          s_d0251_0605671_chapter4.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (376Kb)
            [img]Text
            s_d0251_0605671_chapter5.pdf 

            Download (242Kb) | Preview
              [img]Text
              s_d0251_0605671_bibliography.pdf 

              Download (247Kb) | Preview
                [img]Text
                s_d0251_0605671_appendix1.pdf
                Restricted to Staf Perpustakaan 

                Download (244Kb)

                Artikel Terkait

                Download Skripsi Pendidikan Fisika (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD)
                4/ 5
                Oleh

                Berlangganan

                Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email