Thursday, April 10, 2014

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE)

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE)

Judul Skripsi:

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN MENGETAHUI PROFIL KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI LISAN SISWA SMP

Abstrak:

Penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Mengetahui Profil Keterampilan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP” ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VII dalam pelajaran IPA-Fisika di salah satu SMP di Kabupaten Bandung Barat. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya penguasaan konsep fisika siswa pada pelajaran IPA-Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika dan mengetahui profil keterampilan berkomunikasi lisan siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group time series design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebuah SMP di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan sampelnya adalah sejumlah siswa di salah satu kelas dari keseluruhan populasi yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes objektif berupa soal-soal berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi pengamatan untuk melihat keterampilan berkomunikasi lisan siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep adalah dengan cara menghitung skor gain yang dinormalisasi. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata gain yang dinormalisasi untuk pertemuan I sebesar 0,37, pertemuan II sebesar 0,55, dan pertemuan II sebesar 0,56. Dan efektivitas pembelajaran untuk pertemuan I, II, dan III berturut-turut berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui profil keterampilan berkomunikasi lisan dengan cara menghitung persentase nilai rata-rata setiap indikator keterampilan berkomunikasi lisan. Dari hasil analisis data diperoleh untuk pertemuan I sebesar 44,45%, pertemuan II sebesar 61,29%, dan pertemuan III sebesar 75,35%.

Link Download:

[img]Text
s_d0251_0602421_table_of_contents.pdf 

Download (236Kb) | Preview
    [img]Text
    s_d0251_0602421_chapter1.pdf 

    Download (278Kb) | Preview
      [img]Text
      s_d0251_0602421_chapter2.pdf
      Restricted to Staf Perpustakaan 

      Download (307Kb)
        [img]Text
        s_d0251_0602421_chapter3.pdf
        Restricted to Staf Perpustakaan 

        Download (313Kb)
          [img]Text
          s_d0251_0602421_chapter4.pdf 

          Download (1207Kb) | Preview
            [img]Text
            s_d0251_0602421_chapter5.pdf 

            Download (248Kb) | Preview
              [img]Text
              s_d0251_0602421_bibliography.pdf 

              Download (243Kb) | Preview
                [img]Text
                s_d0251_0602421_appendix1.pdf
                Restricted to Staf Perpustakaan 

                Download (281Kb)

                Artikel Terkait

                Download Skripsi Pendidikan Fisika (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE)
                4/ 5
                Oleh

                Berlangganan

                Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email