Monday, March 31, 2014

Skripsi Psikologi Pendidikan (TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN ONLINE GAME)

Skripsi Psikologi Pendidikan (TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN ONLINE GAME)

Judul Skripsi:

EFEKTIVITAS TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN ONLINE GAME : Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas IX SMPN 40 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak:

Siwa yang mengalami kecanduan online game merasakan kompulsi yang tidak terkontrol dalam dirinya untuk mengurangi tingkah laku bermain online game dan tidak memperdulikan konsekuensi-konsekuensi negatif yang ada padanya. Sebagai upaya menangani kecanduan online game adalah mengimplementasikan konseling individual melalui teknik manajemen diri yang berfokus pada pengelolaan diri siswa. Penelitian bertujuan menguji efektivitas konseling melalui teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan online game. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif, metode penelitian campuran (mix methods), dan desain penelitian single subject with A-B-A design. Penelitian dilakukan di SMPN 40 Bandung dengan mengambil subjek penelitian yakni siswa kelas IX yang ditentukan secara non-random menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Angket/Kuesioner Adiksi Online Game dan Jurnal Kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan secara empirik intervensi konseling melalui teknik manajemen diri teruji efektif untuk mengurangi kecanduan online game. This research aimed to find out the effectiveness of counseling by manajemen diri technique to reduce online game addiction. Quantitative-qualitative approach was used in this research. Quasi experimental design to evaluate effectiveness of intervention used single subject baseline with A-B-A design. Research conducted in SMPN 40 Bandung (junior high school) by taking students from ninth grade as research participant using purposive sampling technique. Data was collected by using Questionnaire Online Game Addiction Activity Journal. Research result indicated that counseling by self-management technique empirically effective to reduce online game addiction.

Link Download:

[img]Text
S_PPB_0800868_Title.pdf 

Download (423Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PPB_0800868_Abstract.pdf 

    Download (137Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PPB_0800868_Table_of_content.pdf 

      Download (190Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PPB_0800868_Chapter1.pdf 

        Download (352Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PPB_0800868_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (487Kb)
            [img]Text
            S_PPB_0800868_Chapter3.pdf 

            Download (472Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PPB_0800868_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (604Kb)
                [img]Text
                S_PPB_0800868_Chapter5.pdf 

                Download (128Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PPB_0800868_Bibliography.pdf 

                  Download (400Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PPB_0800868_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (949Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Psikologi Pendidikan (TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN ONLINE GAME)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email