Thursday, April 10, 2014

Skripsi Pendidikan Luar Sekolah (PELATIHAN LIFE SKILL DALAM WIRAUSAHA BUDIDAYA JANGKRIK)

Skripsi Pendidikan Luar Sekolah (PELATIHAN LIFE SKILL DALAM WIRAUSAHA BUDIDAYA JANGKRIK)

Judul Skripsi:

STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELATIHAN LIFE SKILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA BUDIDAYA JANGKRIK PADA WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARKATAN KLAS IIA JELEKONG

Abstrak:

Penelitian ini memfokuskan pada kajian mengenai “Bagaimana Pelaksanaan Pelatihan Life Skill Dalam Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Budidaya Jangkrik bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jelakong?”. Permasalahan dibatasi pada 1)perencanaan pelatihan life skill, 2) strategi pelatihan life skill, 3) Bagaimana materi pelatihan pelatihan life skill, 4) metode dan teknik pelatihan life skill, 5) Bagaimana evaluasi pelatihan life skill, 6)hasil pelatihan life skill dalam meningkatkan kemampuan wirausaha budidaya jangkrik bagi warga binaan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1)konsep pendidikan luar sekolah, 2) konsep pelatihan, 3) konsep pendidikan kecakapan hidup (life skill), dan 4) konsep kewirausahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana dengan penyajian data persentase untuk menggambarkan variabel-variabel yang diteliti kedalam berbagai tafsiran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara kepada 1 orang pengelola, 2 orang dan 2 orang warga binaan serta angket, skala sikap dan observasi kepada sampel penelitian sebanyak 20 orang. Adapaun tujuan penelitian ini secara umum ialah mendeskripsikan pelaksanaan Pelatihan Life Skill Dalam Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Budidaya Jangkrik bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jelakong. Dari penelitian diketahui bahwa: 1)perencanaan pelatihan dimulai dengan penyusunan tujuan, identifikasi warga binaan, melakukan kemitraan dengan pihak terkait, penentuan waktu pelatihan yang dilaksanakan selamaa 29 hari, serta menyiapkan sarana dan prasaran. 2) strategi yang digunakan merupakan strategi yang mengacu pada tujuan yaitu strategi prilaku keterampilan, 3) materi yang diberikan yaitu materi mengenai pengetahuan dan keterampilan mengenai kewirausahaan budidaya jangkrik. 4) metode pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pola kelompok dengan teknik praktek, ceramah, tanya jawab, simulasi dan diskusi. 5)evaluasi dilaksanakan yaitu evaluasi input, proses dan output. 6) hasil dari pelatihan life skill dapat meningkatkan kemampuan kewirausahaan budidaya jangkrik bagi warga binaan dilihat dari segi kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan life skill dapat memningkatkan kemampuan wirausaha budidaya jangkrik bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jelekong. Adapun saran bagi Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jelakong selaku penyelenggara hendaknya lebih memberikan motivasi dan dorongan kepada warga binaan agar mereka dapat melanjutkan kegiatan usaha budidaya jangkrik setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan. This study focuses on the study of "How Life Skill Training Implementation in Developing Entrepreneurial Capabilities Raising Crickets for prison inmates in Class IIA Jelakong?" The problem is limited to 1) planning of training life skills, 2) strategies of training life skills, 3) material of training life skill, 4) methods and techniques of training life skill training, 5) evaluation of life skills training, 6) results in increasing the life skill training cultivating entrepreneurial skills crickets for inmates. Concepts used in this study were 1) the concept of non-formal education, 2) the concept of training, 3) the concept of life skills (life skills), and 4) the concept of entrepreneurship. In this study the authors use descriptive method using a simple qualitative and quantitative approaches to the presentation of data to describe the percentage of the studied variables into a variety of interpretations. The technique of collecting data using interviews to 1 person manager and 2 person in mates as well as questionnaires, attitude scales and observations to sample as many as 20 person. The purpose of this study is to describe the general implementation of Life Skill Training in Developing Entrepreneurial Capabilities Raising Crickets for prison inmates in Class IIA Jelekong. The study found that: 1) training plan begins with the preparation of objectives, identification of inmates, in partnership with stakeholders, the timing of training conducted selamaa 29 days, as well as setting up facilities and infrastructure. 2) the strategy used is a strategy which refers to the goal of behavioral skills strategy, 3) the material provided that the material terms of the knowledge and skills of the entrepreneurial farming crickets. 4) learning methods implemented by using a pattern with a group of engineering practice, lectures, discussion, simulations and discussions. 5) evaluation is conducted evaluations of input, process and output. 6) the results of the life skill training to enhance the ability of entrepreneurial farming crickets for prisoners in terms of cognitive, affective and psychomotor. The results of this study it can be concluded that the life skill training can memningkatkan cultivating entrepreneurial skills crickets for prison inmates in Class IIA Jelekong. As for suggestions for Penitentiary Class IIA Jelakong as the organizer should provide more motivation and encouragement to the inmates so that they can continue farming activities crickets after exit from prisons. As for suggestions for Penitentiary Class IIA Jelakong as the organizer should provide more motivation and encouragement to the inmates so that they can continue farming activities crickets after exit from prisons. 

Link Download:

[img]Text
S_PLS_0908817_Title.pdf 

Download (155Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PLS_0908817_Abstract.pdf 

    Download (230Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PLS_0908817_Table of Content.pdf 

      Download (281Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PLS_0908817_Chapter1.pdf 

        Download (247Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PLS_0908817_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (385Kb)
            [img]Text
            S_PLS_0908817_Chapter3.pdf 

            Download (370Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PLS_0908817_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (533Kb)
                [img]Text
                S_PLS_0908817_Chapter5.pdf 

                Download (236Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PLS_0908817_Bibliography.pdf 

                  Download (223Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PLS_0908817_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (166Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Luar Sekolah (PELATIHAN LIFE SKILL DALAM WIRAUSAHA BUDIDAYA JANGKRIK)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email