Wednesday, April 2, 2014

Download Skripsi PKN (STUDI TENTANG TINGKAT PENGUASAAN KOMPETENSI GURU PKN)

Download Skripsi PKN (STUDI TENTANG TINGKAT PENGUASAAN KOMPETENSI GURU PKN)

Judul Skripsi:

STUDI TENTANG TINGKAT PENGUASAAN KOMPETENSI GURU PKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 JAMBLANG

Abstrak:

Pembelajaran yang efektif dan efisien merupakan harapan bagi semua para pendidik, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkan kompetensi, yang merupakan seperangkat tindakan intelegen penuh tanggung jawab yang harus dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksanakan tugas dalam bidang pekerjaan tertentu,kompetensi guru perlu dimiliki oleh setiap pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta kondisi siswa yang cenderung kurang aktif dalam pembelajaran Pkn menuntut guru PKn untuk lebih kreatif dalam memilih model pembelajaran yang akan diterapkan. Berdasarkan hal itu penulis tertarik untuk menyusun penelitian yang berjudul ” Studi Tentang Tingkat Penguasaan Kompetensi Guru PKn dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 2 Jamblang”. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap beberapa rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana guru merencanakan program pembelajaran PKn yang mengindikasikan sebagai guru yang memiliki kompetensi guru di SMP Negeri 2 Jamblang?, (2) Bagaimana guru melaksanakan proses pembelajaran PKn yang mengindikasikan kompetensi guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Jamblang?, (3) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 2 Jamblang?, (4) Bagaimana program yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 2 Jamblang?. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penulis bertujuan menggambarkan bagaimana tingkat penguasaan kompetensi guru PKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Jamblang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan program pembelajaran PKn yang mengindikasikan sebagai guru yang memiliki kompetensi guru, yaitu: (1) Guru sudah mampu mengembangkan kerangka dasar kurikulum, (2) Guru telah mengaplikasikan beban belajar sebelum masuk kedalam pembelajaran, (3) Menyusun kalender akademik dan (4) Mengembangkan silabus serta menyusun RPP yang berlandaskan kerangka berpikir kritis siswa dalam sertiap materi yang akan disampaikan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran PKn yang menindikasikan kompetensi guru, yaitu (1) Guru telah menguasai satandar proses pembelajaran PKn di dalam kelas, (2) Guru mampu mengembangkan materi pembelajaran PKn secara kreatif, (3) Guru mampu memanajemen kelas dalam pembelajaran PKn, dan (4) Guru sudah menguasai standar penilaian pendidikan dalam pembelajaran PKn. Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yaitu ditandai dengan: (1) Termotivasinya siswa untuk mengemukakan pendapat, (2) Mampu menemukan masalah-masalah actual, (3) Berdiskusi dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran, (4) Memberikan kontribusi pemecahan masalah, (5) Menyimpulkan jawaban dengan kriteria-kriteria alas an yang logis, (6) Mampu mengoreksi/argument, (7) mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Program-program sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, diantaranya: (1) Mengikutsertakan para guru untuk mengikuti sertifikasi guru, (2) Mengikuti sertifikasi kepala sekolah, (3) Sekolah mengadakan pembinaan dan pelayanan terhadap guru PKn dengan menjadi supervise penilaian terhadap kinerja guru PKn, (4) Mengumpulkan administrasi pembelajaran oleh guru PKn kepada sekolah, (5) Mengadakan pelatihan dengan mengadakan acara pembinaan disekolah, (6) Mengikutsertakan guru PKn pada pelatihan-pelatihan yang menunjang untuk meningkatkan kompetensi guru, (7) Serta mengikutsertakan guru PKn dalam kegiatan PPDKB di sekolah. Kata kunci : Kompetensi Guru, Hasil Belajar Effectiveness and efficiency of learning is the teacher’s expectation, to improve students learning outcomes required competence, which is a set of intellegent action full of responsibility that must be owned as a condition to be considered capable in performing certain tasks in the field of employment, the teacher competency need to be owned by each teacher to create effective and efficiet learning, as well as the condition of the students who tend to be less active in the Civic Education learning process demands the teachers to be more creative in choosing a learning model that will be applied. Based on that fact above, the author is interested in preparing a study entitled “Study of the Mastery Level of Competency of Civic Education Teacher in Improving Students Learning Outcomes in SMPN 2 Jamblang”. The study makes serious efforts to uncover some of the formulation of the problem, namely: (1) How do teachers plan Civic Education learning programs which indicate as a teacher who has the teacher competency in SMPN 2 Jamblang?, (2) How do teachers implement the Civic Education learning process that indicates the teacher competency in order to improve student learning outcomes in SMPN 2 Jamblang?, (3) How does student learning outcomes in Civic Education in SMPN 2 Jamblang?, (4) How does the program conducted by the school in order to improve the teacher competency in SMPN 2 Jamblang?. The research method in this paper uses descriptive method with quantitative and qualitative approaches. The author aims to illustrate how the competency of mastery level of Civic Education teacher in improving student learning outcomes in SMPN 2 Jamblang. Civic Education learning process indicates teacher competency, namely: (1) Teachers have mastered the standard of Civic Education learning process in the classroom, (2) Teachers are able to develop Civic Education instructional material creatively, (3) Teachers are able to manage the class of Civic Education the standard learning process, (4) Teachers have already mastered the standard of Civic Education learning assessment. Improving student learning outcomes in Civic Education learning process is characterized by: (1) students are motivated to express opinions, (2) students are being able to find the actual problems, (3) discussing in solving problems in the learning process, (4) contributing in solving the problem, (5) summarizing the responses with the criteria logical reason, (6) students are able to argue, (7) students are able to improve student learning outcomes in Civic Education learning process. The school programs in improving teacher competency, including: (1) involving teachers to to take teacher certification program, (2) following the headmaster certification, (3) school provided a training to Civic Education teachers by becoming the assessment supervisor of teachers performance, (4) collecting learning administration from the teacher to headmaster, (5) providing training by conducting teacher’s skill development program in the school, (6) engaging the Civic Education teachers in trainings that support the teacher competency. (7) and engaging the Civiv Education teachers in PPDKB activities in school. key words: teacher competency, learning outcomes.  

Link Download:

[img]Text
S_PKN_1002030_Title.pdf 

Download (239Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PKN_1002030_Abstract.pdf 

    Download (287Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PKN_1002030_Table of Content.pdf 

      Download (294Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PKN_1002030_Chapter1.pdf 

        Download (257Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PKN_1002030_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (408Kb)
            [img]Text
            S_PKN_1002030_Chapter3.pdf 

            Download (480Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PKN_1002030_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (560Kb)
                [img]Text
                S_PKN_1002030_Chapter5.pdf 

                Download (171Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PKN_1002030_Bibliography.pdf 

                  Download (223Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PKN_1002030_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (182Kb)

                    Artikel Terkait

                    Download Skripsi PKN (STUDI TENTANG TINGKAT PENGUASAAN KOMPETENSI GURU PKN)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email