Thursday, April 10, 2014

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PEMBANGKIT ARGUMEN DENGAN METODE INVESTIGASI SAINS)

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PEMBANGKIT ARGUMEN DENGAN METODE INVESTIGASI SAINS)

Judul Skripsi:

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBANGKIT ARGUMEN DENGAN METODE INVESTIGASI SAINS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembangkit argumen dengan metode investigasi sains terhadap peningkatan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan argumentasi bagi siswa. Salah satu cara membantu siswa mengembangkan kemampuan argumentasinya adalah dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan argumentasi. Model pembangkit argumen dengan metode investigasi sains terdiri dari lima tahap pembelajaran, yaitu tahap: (1) penyajian masalah; (2) menguji penjelasan melalui kegiatan investigasi sains; (3) pembangunan argumen tentatif; (4) sesi argumentasi; dan (5) perumusan argumen hasil pemikiran kelompok. Setiap tahapan pembelajaran tersebut melibatkan langsung aktivitas siswa untuk berlatih mengembangkan kemampuan argumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest and posttest. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes kemampuan argumentasi, lembar observasi, dan format wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA pada salah satu SMA Negeri di Kota Garut sebanyak 31 orang yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor rata-rata gain yang dinormalisasi (<g>) kemampuan argumentasi sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Peningkatan aspek kemampuan argumentasi tertinggi dicapai pada kemampuan menyertakan dan menganalisis data dengan perolehan (<g>) sebesar 0,66 kategori sedang, kemampuan membuat klaim dengan perolehan (<g>) sebesar 0,62 kategori sedang, kemampuan memberikan dukungan dengan perolehan (<g>) sebesar 0,55 kategori sedang. Adapun peningkatan terendah pada kemampuan membuat pembenaran dengan perolehan (<g>) sebesar 0,52 kategori sedang. Disimpulkan bahwa penerapan model pembangkit argumen dengan metode investigasi sains berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan argumentasi siswa. Kata kunci: Kemampuan argumentasi, model pembangkit argumen dengan metode investigasi sains. 

Link Download:

[img]Text
S_FIS_0805748_Title.pdf 

Download (153Kb) | Preview
    [img]Text
    S_FIS_0805748_Abstract.pdf 

    Download (152Kb) | Preview
      [img]Text
      S_FIS_0805748_Table of Content.pdf 

      Download (169Kb) | Preview
        [img]Text
        S_FIS_0805748_Chapter1.pdf 

        Download (299Kb) | Preview
          [img]Text
          S_FIS_0805748_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (514Kb)
            [img]Text
            S_FIS_0805748_Chapter3.pdf 

            Download (392Kb) | Preview
              [img]Text
              S_FIS_0805748_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (551Kb)
                [img]Text
                S_FIS_0805748_Chapter5.pdf 

                Download (156Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_FIS_0805748_Bibliography.pdf 

                  Download (290Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_FIS_0805748_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (472Kb)

                    Artikel Terkait

                    Download Skripsi Pendidikan Fisika (PEMBANGKIT ARGUMEN DENGAN METODE INVESTIGASI SAINS)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email