Thursday, April 10, 2014

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PEMBELAJARAN BERBASIS INTELLIGENT TUTORING SYSTEM)

Download Skripsi Pendidikan Fisika (PEMBELAJARAN BERBASIS INTELLIGENT TUTORING SYSTEM) 

Judul Skripsi:

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTELLIGENT TUTORING SYSTEM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif berbantuan multimedia pembelajaran berbasis Intelligent Tutoring System dibandingkan dengan model kooperatif tanpa bantuan multimedia pembelajaran berbasis Intelligent Tutoring System. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol ekivalen. Pada desain penelitian ini subjek dikelompokan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah masing-masing siswa 42 dan 43 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif berbantuan multimedia berbasis ITS sebesar 0,69. Sedangkan skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tanpa bantuan multimedia pembelajaran berbasis ITS sebesar 0,35. Meskipun, kriteria gain yang dinormalisasi <g> untuk kedua kelas masuk pada kriteria sedang, namun berdasarkan uji beda rata-rata, pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 0,05) hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia berbasis ITS secara signifikan dapat lebih meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tanpa bantuan multimedia ITS. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, multimedia, Intelligent Tutoring System (ITS), Hasil belajar kognitif. abstract The purpose of this study was to determine differences of the increase of students’cognitive study result on material wave of light, between the classes that implement of cooperative learning model assisted multimedia basic ITS and classes that implement konvensional learning model. The research design used in this research is Random pretest posttest desain with give pretest at first dan posttest at the end of learning to experiment classes and control classes. The sample in this study were the student of sains class XII-1 and XII-2 in one of high school in the west Bandung regency with the amount of each 42 and 43 student. The results showed that the average scores are normalized gain <g> in class using cooperative learning model assisted multimedia based ITS of 0,54 while the average score is normalized gain <g> in class using convensional learning model of 0,35. Although, the normalized gain <g> criteria for both classes entry in the medium criteria, however, different test based on the average, at 95% convidence level (0,05) the result of the study indicate that cooperative learning model assisted multimedia based ITS significantly more improve students’cognitive study result compared convensional learning model . Keywords : Cooperative learning model, multimedia, Intellligent Tutoring System (ITS), cognitive study outcame.

Link Download:

[img]Text
S_FIS_0902293_title.pdf 

Download (187Kb) | Preview
    [img]Text
    S_FIS_0902293_abstract.pdf 

    Download (338Kb) | Preview
      [img]Text
      S_FIS_0902293_table of content.pdf 

      Download (258Kb) | Preview
        [img]Text
        S_FIS_0902293_chapter1.pdf 

        Download (365Kb) | Preview
          [img]Text
          S_FIS_0902293_chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (2395Kb)
            [img]Text
            S_FIS_0902293_chapter3.pdf 

            Download (746Kb) | Preview
              [img]Text
              S_FIS_0902293_chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (818Kb)
                [img]Text
                S_FIS_0902293_chapter5.pdf 

                Download (231Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_FIS_0902293_bibliography.pdf 

                  Download (237Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_FIS_0902293_appendix1.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (395Kb)
                      [img]Text
                      S_FIS_0902293_appendix2.pdf
                      Restricted to Staf Perpustakaan 

                      Download (408Kb)

                      Artikel Terkait

                      Download Skripsi Pendidikan Fisika (PEMBELAJARAN BERBASIS INTELLIGENT TUTORING SYSTEM)
                      4/ 5
                      Oleh

                      Berlangganan

                      Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email