Friday, March 28, 2014

Download Skripsi PGSD Gratis (PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI VOLUME BANGUN RUANG)

Download Skripsi PGSD Gratis (PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI VOLUME BANGUN RUANG)

Judul Skripsi:

PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 3 Cijawa Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014

Abstrak:

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Cijawa yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Rendahnya pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor guru. Pada umumnya guru yang mengajar matematika selama ini mengawali pembelajaran dengan pemberian definisi dan contoh, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru kemudian siswa mengerjakan soal seperti yang dicontohkan guru sehingga belajar matematika kurang bermakna, akibatnya pemahaman siswa menjadi sangat lemah yang otomatis mengakibatkan pemahaman konsep siswa menjadi kurang. Berangkat dari permasalahan tersebut, penulis menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pemahaman konsep siswa di kelas V melalui penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui serangkaian tindakan dalam dua siklus. Data hasil tes diolah dengan menggunakan persentase pemahaman konsep secara klasikal, data observasi dirangkum dan diinterpretasikan agar kesesuaian antara pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran yang seharusnya dapat terlihat, dan data angket dianalisa dengan cara menghitung persentase dari setiap jawaban siswa. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan CTL pada pokok bahasan menentukan dan menghitung volume kubus dan balok mengalami peningkatan yang cukup baik. Pemahaman konsep siswa meningkat dengan ditandai semakin meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh dalam menyelesaikan soal-soal tes akhir siklus. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika, Pendekatan CTL.

Link Download:

[img]Text
S_PGSD_0904561_Title.pdf 

Download (271Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PGSD_0904561_Abstract.pdf 

    Download (78Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PGSD_0904561_Tale of Content.pdf 

      Download (200Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PGSD_0904561_Chapter1.pdf 

        Download (315Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PGSD_0904561_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (401Kb)
            [img]Text
            S_PGSD_0904561_Chapter3.pdf 

            Download (369Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PGSD_0904561_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (345Kb)
                [img]Text
                S_PGSD_0904561_Chapter5.pdf 

                Download (156Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PGSD_0904561_Bibliography.pdf 

                  Download (154Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PGSD_0904561_Appendix1.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (170Kb)
                      [img]Text
                      S_PGSD_0904561_Appendix2.pdf
                      Restricted to Staf Perpustakaan 

                      Download (156Kb)
                        [img]Text
                        S_PGSD_0904561_Appendix3.pdf
                        Restricted to Staf Perpustakaan 

                        Download (281Kb)

                        Artikel Terkait

                        Download Skripsi PGSD Gratis (PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI VOLUME BANGUN RUANG)
                        4/ 5
                        Oleh

                        Berlangganan

                        Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email