Download Skripsi PGSD Gratis (PENDEKATAN SPIRAL DALAM MATA PELAJARAN IPS)
Judul Skripsi:
PENGGUNAAN PENDEKATAN SPIRAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV : Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Membaca Peta Lingkungan Setempat Kabupaten/Kota Provinsi di SDN Anjatan 1 Kecamatan Anjatan Kabupaten IndramayuAbstrak:
Penelitian ini dilaksanakan untuk menghilangkan asumsi kebanyakan dari peserta didik yang menganggap bahwa mata pelajaran IPS sebagai mata pelajaran yang banyak menghafal dan menulis saja. Berdasarkan pada temuan peneliti di SDN Anjatan 1, nilai siswa pada mata pelajaran IPS khususnya dalam materi membaca peta lingkungan setempat provinsi/kota, disebabkan oleh cara penyampaian dan media yang digunakan oleh pendidik tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Anjatan 1 berjumlah 35 Siswa, terdiri 18 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan. Siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan spiral (memperluas). Dalam penelitian ini siswa akan lebih aktif dengan kelompok belajarnya. Setelah mengurai materi yang akan disampaikan, peneliti juga memilih kebutuhan media yang tepat untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar agar lebih membantu siswa. Dengan menggunakan pendekatan spiral siswa mengalami perbaikan nilai dari setiap siklus dan siswa memiliki nilai yang lebih baik dengan nilai siswa yang sebelumnya tidak menggunakan pendekatan spiral dalam materi membaca peta lingkungan setempat. Data yang diperoleh dianalisis dan direfleksi dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam pertemuan siklus I temuan dari observer nilai dari peneliti dan kegiatan peserta didik rendah sehingga prestasi belajar dari peserta didik kurang memuaskan, sebanyak 13 dari 35 siswa memliki nilai evaluasi dibawah KKM atau 63% saja tingkat ketuntasannya. Dalam pertemuan siklus II penilaian terhadap peneliti dan kegiatan peserta didik mengalami peningkatan, seiring peningkatan nilai tersebut prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Pada siklus II hanya tinggal 2 dari 35 siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM sedangkan nilai kelompok pada pertemuan ini memiliki peningkatan. Penulis simpulkan bahwa pendekatan spiral dan ditunjang oleh media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi membaca peta lingkungan setempat kab/kota atau provinsi. Kata kunci : pendekatan spiral, prestasi belajar, subjek penelitian
This study was carried out to eliminate the assumption that most of the students considered that the social studies as a subject that a lot of memorizing and writing course . Based on the findings of researchers at SDN Anjatan 1 , the value of students in social studies reading materials , especially in the local environment map provinces / cities , caused by delivery method and media used by educators are not in accordance with the needs of learners . The subjects were students of SDN Anjatan IV Class 1 totaled 35 students , comprising 18 male students - male and 17 female students . The research method used was action research for two cycles , each cycle there are two meetings . The cycle consists of planning , implementation , and reflection . In this study, researchers used a spiral approach ( expand ) . In this study, students will be more active in their learning group . After decompose the material to be delivered , the researcher also choose the appropriate media needs to facilitate teaching and learning activities in order to better assist students . By using a spiral approach has improved students' scores for each cycle and the students have a better value with the value of students who previously did not use a spiral approach in the local environment map reading material . Data were analyzed and reflected the qualitative descriptive method . In the first cycle meeting the findings of the observer and the value of research activities so that learners low learning achievement of students is less satisfactory , as many as 13 of the 35 students possess the evaluation values below 63 % KKM or any level of thoroughness . In meeting the second cycle assessment of the research and activities of learners has increased , with increases in the value of the learning achievement of students also increased . In the second cycle only staying 2 of 35 students who have scored less than KKM while the value of the group at this meeting had an increase . Authors conclude that the spiral approach and supported by instructional media to improve student achievement in social studies on the local environment map reading material district / city or province. Keywords : spiral approach, academic achievement, research subjects.
Link Download:
Text S_PGSD_0803213_Title.pdf Download (289Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Abstract.pdf Download (261Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Table_of_Content.pdf Download (299Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Chapter1.pdf Download (347Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (234Kb) | |
Text S_PGSD_0803213_Chapter3.pdf Download (325Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (656Kb) | |
Text S_PGSD_0803213_Chapter5.pdf Download (253Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Bibilography.pdf Download (199Kb) | Preview | |
Text S_PGSD_0803213_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (496Kb) |
Download Skripsi PGSD Gratis (PENDEKATAN SPIRAL DALAM MATA PELAJARAN IPS)
4/
5
Oleh
Oe'