Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Teknologi Pendidikan (PEMBELAJARAN (STM) SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT)

Skripsi Teknologi Pendidikan (PEMBELAJARAN (STM) SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT)

Judul Skripsi:

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI SMKN 2 GARUT

Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya nilai siswa siswa SMKN 2 Garut yang masi dibawah standar ketuntasan minimal, khususnya dalam mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran hasil belajar antara model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan model pembelajaran Konvensional dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di SMKN 2 Garut. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan preetest dan postes control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa Teknik Gambar Bangunan. dengan metode pengambilan sample menggunakan metode sampeling jenuh yaitu siswa kelas X TGB 1 dan X TGB 2. Setelah dilakukan uji normalitas didapat data berdistribusi normal. Sehingga analisis data selanjutnya untuk penelitian ini menggunakan statistik parametrik .Setelah dilakukan uji Ngain didapat hasil penelitian tes hasil belajar yang didapat pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata – rata pretest yang diperoleh adalah 4,94 . Dan nilai rata – rata post-test yang diperoleh adalah 6,70 . sedangkan untuk hasil belajar yang didapat pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat nilai rata – rata pretest yang diperoleh adalah 5,37. Dan nilai rata – rata post-test yang diperoleh adalah 7,58 dengan klasifikasi. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan uji-t didapatkan hasil thitung >ttabel yaitu 2,96 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pada akhir pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat membuktikan bahwa pembelajaran tersebut memberikan hasil yang positif terhadap hasil belajar siswa. Pada penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam pengajaran dilakukan berulang – ulang dengan konsep dan persiapan yang matang sehingga guru dan siswa dapat saling interaktif pada saat KBM berlangsung. Kata Kunci : Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM), Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 Abstract This research is motivated by a student's grades are still many students who masi SMKN 2 Garut below minimal standards of completeness, especially in subjects Occupational Health and Safety (K3). The purpose of this study is to describe the learning outcomes between learning models Science Technology Society (STM) with conventional learning model in improving learning outcomes subjects implement occupational health and safety (K3) in SMK 2 Garut. This study used an experimental research method approach pretest and posttest control group design. The population in this study were students Architecture Engineering. the sampling method using saturated sampeling the class X 1 and X TGB TGB 2. After the normality test normal distribution of data obtained. So that subsequent data analysis for this study using parametric statistics. After testing obtained Ngain achievement test results obtained in the control class that uses a conventional learning model value - average pretest obtained is 4.94. And value - average post-test obtained is 6.70. As for the study results obtained in the experimental class that uses the model of science learning technology community value - average pretest obtained is 5.37. And value - average post-test obtained was 7.58 with classification. While the results of the hypothesis test shows the t-test showed t> t table ie 2.96> 1.68. It can be concluded that at the end of the study proved that the learning results are positive and significant and better student learning outcomes using the model of science learning technology (STM) rather than student learning outcomes using conventional learning models. On the application of learning models Science Technology Society (STM) in the teaching is done over and over - again with the concept and preparation so that teachers and students can be mutually interactive teaching and learning takes place when. Keywords: Learning Science Technology Society (STM), Occupational Safety and Health K3.

Link Download:

[img]Text
S_TB_0707300_Title.pdf 

Download (145Kb) | Preview
    [img]Text
    S_TB_0707300_Abstract.pdf 

    Download (215Kb) | Preview
      [img]Text
      S_TB_0707300_Table_of_Content.pdf 

      Download (254Kb) | Preview
        [img]Text
        S_TB_0707300_Chapter1.pdf 

        Download (208Kb) | Preview
          [img]Text
          S_TB_0707300_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (674Kb)
            [img]Text
            S_TB_0707300_Chapter3.pdf 

            Download (230Kb) | Preview
              [img]Text
              S_TB_0707300_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (445Kb)
                [img]Text
                S_TB_0707300_Chapter5.pdf 

                Download (141Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_TB_0707300_BIbliography.pdf 

                  Download (64Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_TB_0707300_Appendix.pdf 

                    Download (489Kb) | Preview

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Teknologi Pendidikan (PEMBELAJARAN (STM) SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email