Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Teknologi Pendidikan (PERSEPSI PESERTA DIKLAT TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT)

Skripsi Teknologi Pendidikan (PERSEPSI PESERTA DIKLAT TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT)

Judul Skripsi:

HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIKLAT TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT TEKNIK PENGUKURAN DAN KALIBRASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIKLAT : Studi Deskriptif Korelasional Terhadap Peserta Diklat di Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI Bandung

Abstrak:

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan persepsi peserta Diklat terhadap pelaksanaan program Diklat Teknik Pengukuran dan Kalibrasi dengan prestasi belajar peserta Diklat di BPI LIPI Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan studi dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang dilakukan dengan perhitungan skor total tiap instrument. Uji normalitas, analisis korelasi dan uji signifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat diambil kesimpulan, bahwa Persepsi peserta Diklat terhadap pelaksanaan program Diklat teknik pengukuran dan kalibrasi berada pada kategori baik. Namun, secara khusus berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat diambil kesimpulan; (1) Terdapat hubungan yang berarti (positif dan signifikan) antara persepsi peserta Diklat terhadap perecanaan program Diklat dengan prestasi belajar peserta Diklat teknik pengukuran dan kalibrasi di BPI LIPI Bandung, (2) Persepsi peserta Diklat terhadap proses pelaksanaan program Diklat teknik pengukuran dan kalibrasi dengan prestasi belajar peserta Diklat berada pada kategori baik, (3) Terdapat hubungan yang berarti (positif dan signifikan) antara persepsi peserta Diklat terhadap evaluasi program Diklat teknik pengukuran dan kalibrasi dengan prestasi belajar peserta Diklat di BPI LIPI Bandung, (4) Prestasi belajar peserta Diklat berada pada kategori baik. Prestasi belajar Diklat dilihat dari berbagai aspek yaitu melalui hasil evaluasi formatif dan sumatif yang diakumulasikan dan menghasilkan pencapaian yang baik, (5) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi peserta Diklat terhadap pelaksanaan program Diklat teknik pengukuran dan kalibrasi dengan prestasi belajar peserta Diklat di BPI LIPI Bandung. Berdasarkan pernyataan tersebut maka diberikan rekomendasi, yaitu dalam pelaksanaan program Diklat teknik pengukuran dan kalibrasi sebaiknya tidak hanya terfokus pada materi, metode dan media saja, akan tetapi komponen pelaksanaan Diklat lainnya seperti tujuan dan evaluasi pembelajaran program Diklat harus mendapat perhatian agar terintegrasi pula terhadap prestasi belajar peserta Diklat. Kata Kunci : Persepsi Peserta Diklat, Pelaksanaan Program Diklat, Prestasi Belajar Peserta Diklat. This research responded to the matters of research that have been formulated: “Is there a positive and significant relationship between the perception of training and education participants to the implementation of training and education program activities in the measurement and calibration techniques and the learning performance of training and education participants at BPI LIPI Bandung?” This research used a correlation descriptive method with a quantitative approach. The research instrument used is in the forms of questionnaires and documentary study. Based on the result of research in the field, it can be drawn a conclusion generally that (1) There is a meaningful (positive and significant) relationship between the perception of training and education participants to the planning of training and education program and the learning performance of training and education participants in the instrumentation measurement and calibration techniques at BPI LIPI Bandung, (2) the perception of training and education participants to the process of training and education program implementation in the instrumentation measurement and calibration techniques and the learning performance of training and education participants is in a good category, (3) There is a meaningful (positive and significant) relationship between the perception of training and education participants to the evaluation of training and education program in the instrumentation measurement and calibration techniques and the learning performance of training and education participants in the instrumentation measurement and calibration techniques at BPI LIPI Bandung, (4) There is a positive and significant relationship between the perception of training and education participants to the implementation of training and education program in the instrumentation measurement and calibration techniques and the learning performance of training and education participants at BPI LIPI Bandung. Based on the statement, so it is given a recommendation, that is in the implementation of training and education program in the measurement and calibration techniques it would be not only focused on the material, method and media. Keywords: The Perception of Training and Education Participants, The Implementation of Training and Education Program, The Learning Performance of Training and Education Participants. 

Link Download:

[img]Text
S_KTP_0901082_Title.pdf 

Download (353Kb) | Preview
    [img]Text
    S_KTP_0901082_Abstract.pdf 

    Download (369Kb) | Preview
      [img]Text
      S_KTP_0901082_Table_of_Content.pdf 

      Download (319Kb) | Preview
        [img]Text
        S_KTP_0901082_Chapter1.pdf 

        Download (367Kb) | Preview
          [img]Text
          S_KTP_0901082_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (516Kb) | Request a copy
            [img]Text
            S_KTP_0901082_Chapter3.pdf 

            Download (539Kb) | Preview
              [img]Text
              S_KTP_0901082_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (804Kb) | Request a copy
                [img]Text
                S_KTP_0901082_Chapter5.pdf 

                Download (299Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_KTP_0901082_Bibliography.pdf 

                  Download (282Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_KTP_0901082_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (272Kb) | Request a copy

                      Artikel Terkait

                      Skripsi Teknologi Pendidikan (PERSEPSI PESERTA DIKLAT TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT)
                      4/ 5
                      Oleh

                      Berlangganan

                      Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email