Wednesday, April 2, 2014

Download Skripsi PKN (NILAI BUDAYA ADAT NGAROT KAITANNYA DENGAN “CIVIC CULTURE” SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN KEBUDAYAAN INDONESIA)

Download Skripsi PKN (NILAI BUDAYA ADAT NGAROT KAITANNYA DENGAN “CIVIC CULTURE” SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN KEBUDAYAAN INDONESIA)

Judul Skripsi:

NILAI BUDAYA ADAT NGAROT KAITANNYA DENGAN “CIVIC CULTURE” SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN KEBUDAYAAN INDONESIA : Studi kasus masyarakat lelea Desa Lelea Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu

Abstrak:

Budaya kewarganegaraan (civic culture) merupakan budaya yang mampu menopang masyarakat untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai budaya daerahnya. Nilai-nilai budaya yang menunjang masyarakat tersebut berguna untuk menciptakan karakter dan identitas warganegara. Upacara adat Ngarot adalah salah satu budaya daerah yang masih dilaksanakan tiap tahun oleh masyarakat Lelea Kecamatan lelea kabupaten Indramayu. Dalam tradisi adat Ngarot ini terdapat nilai-nilai budaya yang berkaitan dengan budaya kewarganegaraan (civic culture) yang mampu menciptakan karakter warganegaranya. Penelitian ini didasarkan pada lima permasalahan, yaitu: bagaimana proses pelaksanaan adat Ngarot, nilai-nilai budaya apa saja yang terkandung dalam adat Ngarot kaitanya dengan civic culture, upaya apa yang dilakukan dalam melestarikan nilai budaya adat Ngarot, kendala apa saja yang ditemui dalam proses pelestarian nilai-nilai budaya adat Ngarot, solusi apa saja yang di harapkan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelestarian budaya adat Ngarot. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, studi literatur, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah sesepuh Ngarot, tokoh agama, pemerintah desa, peserta Ngarot dan masyarakat Lelea. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa proses pelaksaan adat Ngarot pada intinya merupakan pesta atau upacara penanda bahwa musim menanam padi di desa Lelea sudah dimulai. Dalam adat Ngarot terdapat nilai-nilai budaya kaitannya dengan budaya kewarganegaraan (civic culture) yaitu nilai kebersamaan, nilai kekeluargaan, dan nilai gotong royong yang yang terkandung di dalam Pancasila yaitu sila ketiga dan keempat. Proses pelestarian nilai-nilai budaya adat Ngarot dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi proses pelestarian nilai-nilai budaya adat Ngarot dilakukan oleh orang tua di keluarga, masyarakat dan lembaga pemerintah Desa Lelea.Kendala-kendala yang ditemui dalam upaya proses pelestarian nilai-nilai budaya adat Ngarot ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu kurang pahamnya generasi penerus terhadap makna yang sesungguhnya dari adat Ngarot itu sendiri dan kurangnya kesadaran orang tua untuk menanamkan nilai-nilai budaya adat Ngarot kepada anaknya. Sedangkan faktor eksternal yaitu adanya pengaruh budaya luar, dalam bentuk tayangan-tayangan di televisi, pergaulan hidup sehari-hari dan akses internet yang mudah. Solusi yang dibutuhkan dalam menangani pelestarian adat Ngarot salah satunya yaitu dengan measukan budaya adat Ngarot menjadi salah satu materi dalam pembelajaran disekolah baik dalam pelajaran seni budaya maupun muatan lokal.

Link Download:

[img]Text
S_PKN_0900959_Title.pdf 

Download (150Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PKN_0900959_Abstract.pdf 

    Download (216Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PKN_0900959_Table of Content.pdf 

      Download (151Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PKN_0900959_Chapter1.pdf 

        Download (240Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PKN_0900959_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (450Kb)
            [img]Text
            S_PKN_0900959_Chapter3.pdf 

            Download (310Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PKN_0900959_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (425Kb)
                [img]Text
                S_PKN_0900959_Chapter5.pdf 

                Download (256Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PKN_0900959_Bibliography.pdf 

                  Download (221Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PKN_0900959_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (151Kb)

                    Artikel Terkait

                    Download Skripsi PKN (NILAI BUDAYA ADAT NGAROT KAITANNYA DENGAN “CIVIC CULTURE” SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN KEBUDAYAAN INDONESIA)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email