Thursday, September 26, 2013

Contoh Skripsi Teknik Arsitek Gratis(Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya)

Contoh Skripsi Teknik Arsitek Gratis(Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya)


Kota Jepara merupakan bagian dari kecamatan di Kabupaten Jepara yangberkembang pesat. Dengan perkembangan ini, maka muncul permasalahan seperti,meningkatnya suhu udara, pencemaran udara, padatnya lalu lintas, minimnyavegetasi dan lainnya, karena kurangnya areal taman kota. Belum meratanya tamankota bukan hanya akan mempengaruhi nilai estetika kota, namun juga akanmempengaruhi nilai perlindungan lingkungan terhadap kota. Dengan permasalahantersebut, nampak bahwa taman kota berperan berperan besar dalam menjagakeseimbangan ekologi perkotaan, oleh karena itu mempelajari tentang polapenyebaran taman kota sangat penting karena taman kota dapat mengeliminirdampak lingkungan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola penyebaran danperanan taman kota terhadap ekologi di Kota Jepara. Manfaat yang dapat diambildalam penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada DKPPK, danDLHPE Kabupaten Jepara dalam menentukan konsep perencanaan pertamanan yangsesuai dengan kondisi wilayah di Kota Jepara.

Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi,observasi, dan kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis inferensial digunakan untukmenentukan diterima atau ditolaknya hipotesis penelitian yang telah dirumuskan.Pengujian hipotesis menggunakan teknik One Way Anova (Uji F), sebelum Uji Fdilakukan uji asumsi terlebih dahulu, yang meliputi uji normalitas sebaran data danuji kesamaan varians untuk seluruh sampel dengan menggunakan bantuan programSPSS 11.0 for windows.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa terdapat korelasiyang cukup tinggi antara penyebaran taman kota dengan parameter ekologi di KotaJepara. Besarnya koefisien korelasi antara keduanya adalah 0,613 dengan koefisiendeterminasi sebesar 0,376 yang berarti 37,6% kualitas ekologi seperti vegetasi, suhuudara, pengurangan pencemaran udara, dan lalu lintas menurut respondendipengaruhi oleh penyebaran taman kota. Dengan demikian masih terdapat 62,4%pengaruh dari faktor lain, seperti letak geografis Kota Jepara, pola pemukimanpenduduk, atau pun faktor musim dan cuaca pada saat penelitian dilaksanakan yangjuga berpengaruh terhadap kualitas ekologi kota.

Disimpulkan bahwa peranan yang diberikan oleh pola penyebaran taman kotaterhadap ekologi adalah berbeda-beda secara signifikan di Kelurahan Pingkol,Kauman, Demaan, dan Ngabul. Saran yang dapat disampaikan adalah, perlu adanyapenambahan vegetasi taman kota di Kelurahan Ngabul, adanya perbedaanpengurangan pencemaran udara dan suhu udara di antara taman kota adalah sebagaiacuan untuk menyaring berbagai sumber polusi udara, dan diperlukan desain tamankota yang memperhatikan bentuk jalan untuk kelancaran lalu lintas di Kota Jepara.

Junaidy Abdillah

Artikel Terkait

Contoh Skripsi Teknik Arsitek Gratis(Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email