Download Skripsi PAUD (PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PAUD)
Judul Skripsi:
PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PenelitianDeskriptifPada Orang TuaMurid TK Chaerunnisa KomplekPuteracoDesaJagabayaKecamatanCimaungKabupaten Bandung)Abstrak:
ABSTRAK Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan terhadap anak 0-6 tahun yang dilakukanmelaluipemberianrangsanganpendidikanuntukmembantupertumbuhandanperkembangananak. Bermain merupakan prinsip utama dalam kegiatan pembelajaran.Akan tetapi fenomena di lapangan menunjukkan bahwa orang tua cenderung memiliki persepsi bahwa pendidikan anak usia dini lebih menekan pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung tanpa memperhatikan bagaimana karakteristik anak dan pembelajaran yang seharusnya.Salah satu faktor penyebabnya adalah orang tua masih belum memahami hakikat pendidikan anak usia dini. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi orang tua mengenai hakekat pendidikan anak usia dini? 2) Bagaimana persepsi orang tua mengenai pembelajaran pada anak usia dini? 3) Bagaimana persepsi orang tua mengenai peran serta orang tua dalam program-program PAUD. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana persepsi orang tua tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode survai dengan pendekatan kuantitatif. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.Hasilpenelitianterhadap 30 responden yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda (SMP,SMA dan Perguruan Tinggi) mengenai hakekat pendidikan anak usia dini hampir seluruhnya mengetahui bahwa pendidikan itu penting dilakukan sejak usia dini. Akan tetapi hasil penelitian mengenai pembelajaran masih terdapat perbedaan.Hal ini dikarenakan latarbelakang pendidikan orang tua yang berbeda.Adapun hasil penelitian mengenai peran serta orang tua dalam program PAUD hampir seluruhnya mengetahui bahwa peran serta dan kerjasama antara orang tua dan sekolah dapat membantu dalam penyelenggaraan PAUD agar berjalan lancar. Rekomendasi dari penelitian ini untuk pihak sekolah agar selalu menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan memiliki kesamaan dalam penyelenggaraan PAUD. Bagi guru diharapkan lebih menambah wawasan mengenaip enyelengaraan PAUD dan mengembangkan program sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Sedangkan bagi orang tua supaya dapat lebih terbuka untuk menemukan informasi tentang pendidikan anak usia dini serta menjalin kerjasama yang baik dengan sekolah. ABSTRACT Early childhood education is an attempt to children 0-6 years of coaching is done through the provision of educational stimulation to assist the growth and development of children. Play is the main principle in the activities pembelajaran.Akan but phenomena in the field indicate that older people tend to have the perception that early childhood education more pressure on the ability to read, write and count regardless of how the characteristics of children and learning seharusnya.Salah one contributing factor is the parents still do not understand the nature of early childhood education.The problems of this research are: 1) How do parents' perceptions about the nature of early childhood education? 2) How do parents' perceptions about learning in early childhood? 3) How do parents' perceptions about the role of parents in early childhood programs proram. The purpose of this study is to determine the extent to which parents' perceptions about early childhood education. This research is a descriptive study using survey methods kuantitatif.Alat approach used in this study is angket.Hasil study of 30 respondents who have an educational background different (junior high, high school and university) regarding the nature of early childhood education almost all know that education is important at an early age. However, the results of research on learning is still there is because perbedaan.Hal educational background of parents who berbeda.Adapun results of research on the role of parents in early childhood programs are almost entirely aware that the participation and cooperation between parents and the school to help in the organization of early childhood education to run lancar.Rekomendasi of this study to the school to always establish good communication with parents and have similarities in organizing PAUD.Bagi teachers are expected to further increase the knowledge about the organization of early childhood education and develop programs in accordance with the development and needs of children. As for the parents in order to be more open to finding information on early childhood education as well as to establish good cooperation with the school.Link Download:
Text S_PAUD_1010065_Title.pdf Download (413Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Abstract.pdf Download (191Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Table of content.pdf Download (277Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Chapter1.pdf Download (226Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (383Kb) | |
Text S_PAUD_1010065_Chapter3.pdf Download (626Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (931Kb) | |
Text S_PAUD_1010065_Chapter5.pdf Download (198Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Bibliography.pdf Download (241Kb) | Preview | |
Text S_PAUD_1010065_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (465Kb) |
Download Skripsi PAUD (PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PAUD)
4/
5
Oleh
Oe'
2 komentar
mbak maaf nih, lampiran angket pertanyaan persepsi orang tua nya mana saya butuh angket pertanyaannya tolong saya
Replymaa f mba g sempat kebalas kemarin,, sukses ya
Reply