Thursday, March 27, 2014

Download Skripsi PAUD (MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PRABACA-TULIS - BALS (BELAJAR DENGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SEKITAR))

Download Skripsi PAUD (MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PRABACA-TULIS - BALS (BELAJAR DENGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SEKITAR))

Judul Skripsi:

MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK DALAM PEMBELAJARAN PRABACA-TULIS MELALUI PENERAPAN MODEL BALS (BELAJAR DENGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SEKITAR): Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B RA At-Taqwa Cicalengka tahun Ajaran 2012-2013

Abstrak:

Keterampilan Prabaca-tulis merupakan salahsatu aspek perkembangan anak yang perlu distimulasi sejak dini. Selain untuk memfasilitasi perkembangan anak dan kebutuhannya, juga sebagai sarana bagi anak dalam menggali lingkungan sekitarnya. Keterampilan prabaca-tulis juga merupakan bagian dari aspek perkembangan bahasa yang sangat penting dalam perkembangan anak. Sayangnya, pembelajaran prabaca-tulis sebagai upaya stimulasi aspek perkembangan bahasa ini belum optimal sebagaimana yang terjadi di RA At-Taqwa, dimana anak-anak kurang memiliki motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran prabaca-tulis. Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah penelitiannya, yaitu: 1) bagaimana kondisi motivasi anak RA At-Taqwa dalam pembelajaran prabaca-tulis dengan menggunakan media buku tulis dan LKS, 2) bagaimana bentuk implementasi penerapan model BALS dalam meningkatkan motivasi anak dalam pembelajaran prabaca-tulis di RA At-Taqwa, 3) bagaimana peningkatan motivasi anak dalam pembelajaran prabaca-tulis di RA At-Taqwa melalui penerapan model BALS. Dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model BALS dalam meningkatkan motivasi anak dalam pembelajaran prabaca-tulis, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing satu kali tindakan. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model BALS dapat meningkatkan motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran prabaca-tulis. Hal ini didasarkan pada perolehan hasil skor nilai motivasi yang diperoleh, dimana pada observasi awal diperoleh hasil dari 13 jumlah keseluruhan murid RA At-Taqwa, sebanyak 4 (empat) anak masih berada dalam kategori motivasi rendah dan 9 (Sembilan) anak bermotivasi sedang. Adapun peningkatan motivasi anak terlihat pada tiga siklus yang dilakukan, dimana dalam tiga siklus tersebut tidak lagi terdapat anak yang bermotivasi rendah. Pada siklus satu sebanyak 10 (sepuluh) anak sudah masuk dalam kategori motivasi tinggi dan hanya 2 (dua) anak yang bermotivasi sedang, dan pada siklus dua dan tiga, semua anak yang mengikuti kegiatan pembelajaran masuk dalam kategori motivasi tinggi, yaitu masing-masing 12 anak dan sembilan anak. Kata kunci: Motivasi belajar, Keterampilan prabaca-tulis. Model pembelajaran BALS.

Link Download:

[img]Text
S_PAUD_1009007_TITLE.pdf 

Download (635Kb) | Preview
    [img]Text
    S_PAUD_1009007_ABSTRACT.pdf 

    Download (246Kb) | Preview
      [img]Text
      S_PAUD_1009007_TABLE OF CONTENT.pdf 

      Download (323Kb) | Preview
        [img]Text
        S_PAUD_1009007_CHAPTER1.pdf 

        Download (339Kb) | Preview
          [img]Text
          S_PAUD_1009007_CHAPTER2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (412Kb)
            [img]Text
            S_PAUD_1009007_CHAPTER3.pdf 

            Download (342Kb) | Preview
              [img]Text
              S_PAUD_1009007_CHAPTER4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (772Kb)
                [img]Text
                S_PAUD_1009007_CHAPTER5.pdf 

                Download (181Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_PAUD_1009007_BIBLIOGRAPHY.pdf 

                  Download (254Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_PAUD_1009007_APPENDIX.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (174Kb)

                    Artikel Terkait

                    Download Skripsi PAUD (MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PRABACA-TULIS - BALS (BELAJAR DENGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SEKITAR))
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email