Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGUNAAN E-MAGAZINE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)

Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGUNAAN E-MAGAZINE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)

Judul Skripsi:

PENGARUH PENGUNAAN E-MAGAZINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA RANAH KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) : Kuasi Eksperimen di SMAN 4 Bandung

Abstrak:

Masalah Pokok dalam Penelitian ini adalah yaitu “Apakah penggunaan E-Magazine memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?”. Lebih rinci permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan E-Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada ranah kognitif aspek mengingat?; 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan E-Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada ranah kognitif aspek memahami?; 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan E-Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada ranah kognitif aspek menerapkan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design bentuk pretest-posttest control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif bentuk pilihan ganda. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara Random Sampling. Secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa ranah kognitif antara siswa yang menggunakan E-Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Adapun kesimpulan khusus adalah 1). Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif aspek mengingat antara siswa yang menggunakan E- Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif aspek memahami antara siswa yang menggunakan E- Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif aspek menerapkan antara siswa yang menggunakan E- Magazine dengan siswa yang menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kata kunci : E-Magazine, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi The main problem in this study was “Does the use of E-Magazine give an effect on increasing students’ cognitive learning outcomes in Information and Communications Technology (ICT) subject?”. Specifically, the research questions are 1) Is there any cognitive learning outcomes differences between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject on the memorizing aspect?; 2) Is there any cognitive learning outcomes differences between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject on the understanding aspect?; 3) Is there any cognitive learning outcomes differences between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject on the implementing aspect?. The method used in this study was quasi experimental method using Nonequivalent Control Group Design in the form of pretest-posttest control group design. The instrument used was multiple choice objective test. Samples were chosen by using Random Sampling. In general, it can be concluded that there were cognitive learning outcomes differences between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject. Specifically, this research found that 1). There is a cognitive learning outcomes difference between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject on the memorizing aspect. 2). There is a cognitive learning outcomes difference between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject on the understanding aspect. 3). There is a cognitive learning outcomes difference between the students who use E-Magazine and those who use module in ICT subject on the implementing aspect. Key words: E-Magazine, Learning Outcomes, Information and Communications Technology (ICT) Subject.

Link Download:

[img]Text
S_KTP_0806927_TITLE.pdf 

Download (280Kb) | Preview
    [img]Text
    S_KTP_0806927_ABSTRACT.pdf 

    Download (408Kb) | Preview
      [img]Text
      S_KTP_0806927_TABLE OF CONTENT.pdf 

      Download (188Kb) | Preview
        [img]Text
        S_KTP_0806927_CHAPTER 1.pdf 

        Download (272Kb) | Preview
          [img]Text
          S_KTP_0806927_CHAPTER 2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (609Kb)
            [img]Text
            S_KTP_0806927_CHAPTER 3.pdf 

            Download (509Kb) | Preview
              [img]Text
              S_KTP_0806927_CHAPTER 4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (1220Kb)
                [img]Text
                S_KTP_0806927_CHAPTER 5.pdf 

                Download (188Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_KTP_0806927_BIBLIOGRAPHY.pdf 

                  Download (241Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_KTP_0806927_APPENDIX.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (2139Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Teknologi Pendidikan (PENGUNAAN E-MAGAZINE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email